Cara Mengetahui Berita atau Konten Informasi Hoax di Internet

Diposting pada

Merujuk pada rujukan pemerintah dalam berinternet sehat dan cerdas, maka kita sebagai warga negara indonesia yang baik sebisa mungkin untuk cerdas menerbitkan dan memaknai sebuah konten yang bertebaran di internet. Jangan mudah untuk percaya sebuah berita yang bertebaran di internet, walaupun berita itu diterbitkan di situs ternama sekalipun.

Berita atau informasi hoax tidak hanya memberikan kerugian untuk semua kalangan, namun memberikan dampak bagi individu yang membacanya, terlebih mereka yang terhasut. Ini hanya membuat mereka yang percaya berita hoax menjadi orang bodoh yang selayaknya tidak berpendidikan. Termasuk dari mereka yang menerbitkan konten, artikel atau tulisan informasi apapun itu yang bersifat hoax.

Beberapa berita hoax seringkali dikemas dengan begitu matang, sehingga untuk orang awam, itu cenderung sulit untuk membandingkan apakah berita itu fakta atau palsu. Maka dari itu, berikut pada artikel woiden kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau mengetahui sebuah konten di internet itu hoax atau tidaknya.

Perhatikan Judul Provokatif

Judul-judul yang bersifat provokatif seringkali dengan sengaja dibuat oleh penerbit yang tidak bertanggung jawab. Biasanya mereka sengaja membuat judul provokatif hanya untuk keperluan traffic/kepopularitasan atau untuk lainnya.

Hal seperti ini biasanya marak pada isu-isu politik ataupun isu yang lagi hangat saat itu. Mengingat bahwa kebebasan berinternet itu masih cukup luas cakupannya, maka jarang mungkin Anda bisa menemukan hal serupa di internet. Demikian Anda juga harus dengan bijak, detail, dan cermat dalam membaca sebuah konten yang memiliki judul terkesan provokatif.

Sejatinya media online sekalipun memiliki kode etik untuk tidak membuat isu-isu provokatif, terlebih untuk membuat berita palsu/hoax sekalipun.

BACA JUGA  Cara Mencari Gambar Bebas Hak Cipta Di Google

Cermati Sumber Informasi

Meskipun tidak semua sumber gratisan itu menyampaikan informasi hoax, namun platform gratisan, itu cenderung dimanfaatkan oleh beberapa oknum penyebar konten hoax. Entah mungkin karena mereka miskin tidak punya modal untuk mengeluarkan kocehan untuk meyakinkan calon pembacanya sehingga mereka lebih memilih untuk yang gratisan saja.

Beberapa juga dari mereka yang sering menerbitkan konten hoax adalah mereka bocah-bocah kont*l yang tidak punya aktivitas lain tanpa memerhatikan dampak yang ditimbulkan. Tapi percayalah bahwa tidak semua dari mereka juga yang melakukan seperti itu, melainkan hanya ada beberapa dari mereka saja, walaupun jumlahnya mungkin cukup banyak.

Sumber yang memiliki kepercayaan adalah sumber yang memiliki informasi atau tentang penulis, perusahaan, penerbit yang jelas. Sebisa mungkin sumber tersebut telah terverfikasi dalam bentuk domain, username, badan usaha, atau hukum.

Mengecek Keaslian Foto

Google, Bing, dan beberapa situs penelusuran lainnya memiliki sarana yang memfasilitas kita untuk menelusuri berbagai gambar dengan mudah. Fasilitas ini juga bisa kita manfaatkan untuk meninjau konten yang Anda tuju berupa hoax atau tidaknya.

Disini Anda cukup mengakses situs penelusuran gambar mereka atau dengan mengunjungi salah satu layanan penelusuran dibawah ini:

  • https://images.google.co.id
  • https://www.bing.com/images/

Cukup mengetuk tombol “ikon Kamera”. Nah dari sini Anda bisa memasukan url/link dari gambar ataupun bisa dengan mengunggah/upload file gambar yang Anda tuju. Setelah itu, situs penelusuran akan menampilkan semua foto yang terkait dengan gambar yang Anda masukan.

Dari sini Anda bisa melihat informasi-informasi rinci mengenai gambar yang Anda masukan ke situs tersebut. Kemudian menyimpulkan informasi, apakah relevan dengan informasi berita yang Anda tuju tidak.

Cermati Isi & Meninjau Ulang Konten di Internet

Sama hal dengan mengecek keaslian foto, Anda bisa memanfaatkan sumber penelusuran seperti google, bing, yahoo, dan sebagainya untuk mencari informasi yang relevan dengan informasi berita/konten yang Anda baca.

BACA JUGA  Cara Mengganti Wallpaper Chat WhatsApp

Anda cukup mengetikkan headline atau judul ataupun keyword yang terkait dengan informasi yang Anda tuju. Selain itu Anda bisa memanfaatkan situs besar seperti detik hoax dan factcheck dibawah ini:

  • https://hoaxornot.detik.com
  • https://www.snopes.com
  • https://www.FactCheck.org

Anda cukup mengunjungi salah satu atau semua situs diatas, kemudian memasukan judul/keword/url/link dari konten informasi yang Anda tuju. Kemudian melihat semua detail informasi yang tampilkan di situs tersebut.

Anda bisa juga bisa melihat semua daftar berita hoax terbaru yang dideteksi dari headline konten yang ditampilkan di laman utama situs tersebut.

Kesimpulan

Hoax bukan hanya tindakan merugikan namun juga memberikan dampak buruk untuk seluruh warga negara indonesia khususnya. Bahkan kita bisa dipecahbelahkan hanya karena karena mereka yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu Anda seharunsya juga bisa menggunakan nalar Anda untuk memaknai berita yang benar.

Apabila Anda menemukan berita yang terindikasi merupakan berita atau konten yang menerbitkan informasi hoax atau konten negatif apapun itu. Maka silahkan untuk mengajukannya ke email [email protected].