Gmail merupakan salah satu perusahaan ternama yang dimiliki oleh Google. Gmail sendiri merupakan layanan dari Google yang hampir menguasai sebagian besar perangkat dan penggunaan teknologi dan internet di seluruh dunia.

Sehingga secara tidak langsung banyak pengguna yang mengandalkan dari salah satu atau beberapa layanan dari Google. Misalnya seperti layanan Email, Android, Youtube, Google Contact, Google Drive, dan banyak lagi lainnya. Maka tidak heran mengapa sampai detik artikel ini diterbitkan, Google masih dan akan terus Berjaya hingga waktu yang tidak diketahui

Namun bagaimana jika Anda memiliki akun Gmail pertama Anda atau mungkin akun satu-satunya yang Anda miliki, tapi terkendala akses. Kendala itu misalnya Anda lupa password/kata sandi atau username dari gmail Anda sendiri.

Untungnya google selalu menemukan dan memberika solusi untuk mengantisipasi terhadap hal-hal bisa saja terjadi kepada penggunanya. Salah satunya kemungkinkan jika penggunanya lupa atau akunya telah di hack orang tidak bertanggung jawab.

Berikut adalah beberapa metode atau cara yang dapat Anda lakukan ketika Anda ingin mengembalikan akun gmail Anda saat lupa password, username atau telah di hack orang tidak bertanggung jawab.

Cara Memulihkan Password Akun Gmail

Jika akun Anda sebelumnya telah ditautkan ke data verifikasi seperti no telepon, email terkait, atau pertanyaan pemulihan. Maka Anda bisa memulihkan akun Anda dengan mudah melalui beberapa langkah dibawah ini.

Anda hanya perlu menekan tombol “Lupa sandi” pada laman login atau masuk gmail atau detailnya ikuti tautan berikut ini:

  • https://www.google.com/accounts/recovery/

Pada laman ini, Anda perlu memasukan email atau nomor telepon yang digunakan dalam akun gmail Anda. Setelah itu Anda akan diarahkan ke beberapan jendela pemulihan untuk mengkonfirmasi identitas pemilik asli akun. Misalnya seperti verifikasi melalui no telepon, email terkait, atau pertanyaan pemulihan yang telah diterapkan sebelumnya.

Cara Memulihkan Username Akun Gmail

Jika Anda adalah mantan pengguna akun Gmail beberapa tahun lalu dan tidak pernah lagi mengakses akun Anda dalam waktu kurun lebih dari 5. Maka akun Anda memiliki potensi besar untuk di bekukan oleh system gmail. Dimana akun Anda masih dalam identitas terdaftar di database gmail. Namun Anda tidak dapat login karena kesalahan password atau username, walaupun menurut Anda itu sudah benar.

Ini juga berkaitan ketika Anda lupa denga username gmail Anda, namun masih mengingat password yang Anda gunakan. Biasanya ini terjadi pada orang yang memiliki cukup banyak akun atau cukup lama tidak mengakses akunnya.

Apabila hal ini yang Anda alami sekarang, maka silahkan arahkan ke tautan dibawah ini untuk mengakses laman dukungan Google:

  • https://support.google.com/accounts/troubleshooter/2402620?hl=id&rd=2

Dalam daftar yang menunjukkan masalah umum, pilih opsi ” I forgot my username”. Selanjutnya, pilih opsi masalah yang Anda hadapi. Misalnya lupa sandi, seseorang telah mengakses akun Anda, ataupun dalam kasus ini, Anda lupa username.

Selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang diterangka di jendela browser Anda. Sama seperti metode pertama. Anda mungkin akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas yang telah Anda kaitkan sebelumnya di akun tersebut.

Penutup

Itulah dua cara umum yang dapat Anda gunakan untuk mengakses akun Anda kembali disaat Anda lupa kata sandi atau seseorang telah hack akun gmail Anda. Tidak ada yang bisa Anda lakukan lebih sebagai pengguna biasa ketika Anda melupakan password atau username Anda. Sebab Anda harus mengikuti prosedur yang wajib untuk Anda lalui untuk dapat memulihkan akun Anda kembali.

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan penerapan ini. Jangan sungkan untuk meninggalkan jejak Anda di kolom komentar. Sebisa mungkin akan woiden bantu selagi masih memungkinkan.