Setiap provider jaringan Wifi menetap itu pada dasarnya menggunakan sebuah router untuk memancarkan dan mendistribusikan jaringan internet ke beberapa perangkat.

Jika Anda berlanggan sebuah layanan jaringan WI-FI di rumah, kantor, tempat Anda. Maka Anda pasti tidak begitu awam lagi dengan nama router. Terlebih jika Anda menyimak artikel ini yang berarti Anda tahu perangkat yang ditujukan.

Intinya router merupakan perangkat distribusi jaringan wifi yang mengganti penggunaan nirkabel konvensional antara perangkat konversi internet dengan perangkat internet (komputer/gadget).

Selebihnya mengenai bagaimana cara mempercepat router wifi dengan mudah, bisa Anda lihat pada beberapa poin dibawah ini. Poin dibawah juga mendukung perangkat router ternama seperti TP-link, Pro-link, Speedy Instan, IndiHome, MNC Play, Biznet dan sebagainya.

Mengatur Saluran Nirkabel

Pada dasarnya, sebuah router itu dapat mengubah saluran nirkabel secara otomatis. Hanya saja, ada kala dimana Anda mungkin perlu mengatur secara manual. Dengan melakukan konfigurasi secara manual, ini memungkinkan Anda untuk mempercepat dan menstabilitaskan jaringan wifi Anda. Sebab, disaat router membuat saluran secara otomatis, itu hanya akan membuat kecepatan seada-adanya saja dari modem router Anda.

Selain itu, Anda juga bisa meggunakan aplikasi ketiga, misalnya Acrylic Wi-Fi (Windows) atau Netgear Wi-Fi Analytics (Android) untuk menemukan saluran tersering digunakan di rumah Anda. Dengan begini, Anda dapat menentukan untuk menggunakan saluran yang tepat untuk mendapatkan internet yang lebih stabil.

Mengutamakan Perangkat Yang Digunakan

Apabila Anda memiliki modem router dengan model terbaru, biasanya perangkat itu telah disediakan sebuah pengaturan perangkat yang bisa digunakan untuk mengutamakan perangkat tertentu yang terhubung. Dalam artian bahwa Anda bisa menentukan perangkat mana yang diberikan hak untuk mendapatkan kecepatan maksimal dari router Anda.

Upgrade Perangkat Dengan Kecepatan Tinggi

Umumnya beberapa router memiliki standar nirkabel IEEE. Tapi, standar ini penting untuk mengetahui seberapa maksimal kecepatan internet Anda dan perangkat apa yang kompatibel. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mendapatkan kecepatan yang super ngebut maka Anda bisa menerapkan standar nirkabel terbaru, 802.11ac.

Untuk melakukan ini, Anda bisa berkonsultasi dengan provider jaringan wifi Anda. Misalnya ke Telkom, jika Anda menggunakan Indihome/Speedy, Biznet atau lainnya.

Menyembunyikan SSID

Untuk membuat jaringan Wi-Fi Anda tidak serta merta digunakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan Anda. Maka Anda bisa menyembunyikan Nama WiFI atau SSID Anda. Caranya mudah, Anda dapat menyesuaikan router dan menghilangkan centang pada “SSID broadcast”. Sehingga, orang lain di sekitar Anda tidak akan mengetahui bahwa Anda sedang mengaktifkan tethering Wifi Anda.

Upgrade Firmware

Agar mendapatkan internet yang lebih cepat, Anda dapat melakukan upgrade firmware. Upgrade software tersebut biasanya mencakup dari patch keamanan dan perbaikan bug yang bisa meningkatkan kompatibilitas dengan perangkat yang lebih baru pula.

Itulah lima cara mudah dan umum digunakan oleh pemilik router modem WIFI untuk mendapatkan kualtias jaringan internet yang sangat baik. Mungkin dari kelima poin diatas, masih ada banyak poin penting diluar sana. Maka dari itu, woiden persilahkan untuk menambahkan saran atau tanggapan melalui kolom komentar dibawah.