Satu hal yang paling menjengkelkan yang biasanya dialami oleh pengguna smartphone untuk provider telekomunikaai tertentu. Biasanya ada beberapa perangkat yang memungkinkan untuk mengaktifkan fungsi pelacak lokasi atau GPS secara otomatis.

Memang pada dasarnya ada beberapa provider yang melakukan fungsi aktivasi GPS secara otomatis seperti tersebut ketika jaringan data di smartphone telah diaktifkan. Hal ini agar memudahkan beberapa aplikasi dapat berjalan dengan lancar untuk aplikasi  yang benar-benar membutuhkan lokasi selama penggunaannya.

Salah satu hal yang biasanya dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menonaktifkannya kembali secara manual melalui toolbar di layar paling atas smartphone atau melalui setelan/settings -> lokasi/location.

Sayangnya beberapa smartphone tidak ampuh untuk hal ini. Biasanya ada berbagai faktor yang membuat smartphone tetap masih  mengaktifkan gps dengan sendirinya ketika data internet diaktifkan. Untuk kendala seperti maka Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang berfungai untuk menonaktifkan aktivitas aktivasi gps dilatar belakang.

Salah satu aplikasi yang memungkinkan hal tersebut adalah aplikasi bernama AppsOps. Aplikasi ini tersedia secar gratis di google play store. Penggunaannya juga cukup mudah. Tidak pengaturan tambahan atau spesifikasi khusus yang dibutuhkan. Sehingga kemungkinkan aplikasi ini dapat dijalankan di sebagian besar smartphone android saat ini.

Cara Menggunakan Aplikasi AppOps Untuk Nonaktifkan GPS Otomatis

Aplikasi AppOps cukup mudah untuk digunakan, Anda tidak perlu rooting untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Jadi selanjutnya, cukup mulai unduh dan install aplikasi ini melalui tautan google play store dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/PsrviD

Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi lainnya yang dapat menonaktifkan fungsi smartphone Android, seperti menonaktifkan fungsi pemberitahuan, getaran dan sebagainya. Hebatnya lagi aplikasi dapat menonaktifkan fungsi per-aplikasi.

Ketika Anda pertama kali menjalankan aplikasi ini, Anda akan melihat beberapa daftar aplikasi yang telah terinstall di smartphone Anda. Termasuk memilah daftar khsus aplikasi yang menggunakan lokasi/gps. Anda cukup memilih salah satu aplikasi yang Anda tuju, kemudian dari jendelan selanjutnya, nonaktifkan saklar atau pilihan “Location”.

Nah selanjutnya, aplikasi yang Anda nonaktifkan locationya, tidak akan lagi mengaktifkan fungsi gps dengan sendirinya. Ketika Anda ingin mengaktifkannya kembali, cukup lakukan seperti langkah awal diatas.