Terkadang ada satu masalah umum yang sering dialami pada perangkat lawas, khususnya pada perangkat iphone. Dari sekian masalah umum, salah satunya adalah suara atau audio yang seketika tidak berfungsi atau tidak mengeluarkan suara, meskipun tidak dalam keadaan mute atau silent.

Ketika iphone kita seketika mengalami error seperti biasanya beberapa orang mengira bahwa hal ini karena kerusakan fisik atau internal hardware dari perangkat mereka. Nah untuk itulah perlu Anda ketahui bahwa masalah error seperti iphone tidak bersuara, itu biasa saja dikarenakan factor OS atau terjadinya bug pada perangkat kita.

Maka sebelum berprasangka lebih jauh terhadap masalah yang dialami oleh iphone Anda, cobalah untuk melakukan beberapa metode dibawah yang dimana biasanya digunakan ketika iphone mengalami error bug dengan tidak mengeluarkan suara. Beberapa diantaranya sebagainya berikut:

Restart iPhone Anda

Salah satu metode paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan merestart iphone Anda. Anda tidak perlu repot untuk merestart iphone Anda. Untuk restart iphone 6/7, tekan tombol fisik “Power/Kunci” dan “Home” secara bersamaan. Sedangkan untuk iphone 8 dan iphone, bisa Anda lihat pada artikel woiden lainnya berikut ini:

PAda kebanyakan kasus, cara ini berguna untuk mengatasi error os iphone yang mengakibatkan sound iphone tidak berfungsi. Maka cara ini bisa Anda lakukan pada langkah awal ketika iphone Anda mengalami kerusakan demikian.

Perbaharui Software iOS

Penanganan kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbaharui atau upgrade software ios ke versi yang paling terbaru. Pada beberapa kasus, perangkat hanya membutuhkan pembaharuan software untuk dapat menangani masalah ini.

Namun jika perangkat Anda masih mengalami hal sama atau tidak ada perubahaan yang terjadi disaat Anda sudah menggunakan OS terbaru. Maka coba baca metode lainnya dibawah.

Reset Bluetooth

Apabila Anda melakukan pairing ke perangkat lain, misalnya menggunakan Earpods, Bluetooth Speaker, CarKit, dan sebagainya. Biasanya untuk menangani masalah ini, Anda hanya perlu menonaktifkan kemudian mengaktifkan kembali fitur “Bluetooth” dan melakukan pairing ulang ke perangkat terkait.

Reset Pengaturan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan me-reset pengaturan iphone Anda ke pabrikan awal. Namun jika Anda merasa ada banyak pengaturan yang telah Anda sesuaikan, maka mungkin Anda bisa mencoba cara lainnya.

Sebab cara ini akan mengubah semua pengaturan seperti ketika Anda pertama kali membeli perangkat Anda. Untuk melakukan metode ini, cukup arahkan ke “Settings/Pengaturan” -> “General/Umum”. Kemudian galir ke opsi paling bawah, lalu ketuk “Reset”.

Periksa Ke Counter Service

Alternatif paling terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa perangkat iphone Anda ke tenaga ahli atau jasa perbaikan kompeten di kota Anda. Anda bisa menanyakan perihal kerusakan yang dialami oleh perangkat Anda. Apabila hanya terjadi masalah ringan, biasa Anda hanya dibebankan biaya pengecekan. Pastikan Anda membawa iphone Anda ke tempat penanganan yang terpercaya.