Cara Mengaktifkan Mode Gelap (Dark Theme) di Android P 9.0

Diposting pada

Meskipun secara resmi Android 9.0 P belum resmi dirilis saat artikel ini diterbitkan, namun beberapa pengguna Android telah melakukan pembaharuan manual untuk operating system 9.0 ini. Mereka lebih memilih menggunakan basis Android terbaru dengan seribu alasan fitur baru yang tidak didapatkan di versi Android sebelumnya.

Android P sendiri baru akan dirilis pada Agustus 2018 nantinya dengan beberapa fitur dan fungsi keren. Salah satunya adalah dark mode atau modus gelap. Fungsi ini akan mengubah tampilan tema menjadi gelap untuk meminimalisir kelelahan mata saat menatap smartphone lebih lama.

Pada beberapa merek smartphone, fitur ini telah dirilis. Namun dengan kehadiran Android P 9.0 ini membuat fitur tema gelap ini akan lebih meluas diterapkan diberbagai smartphone Android lainnya. Fitur ini juga hampir serupa dengan smartphone lainnya yang telah didukung sebelumnya. Anda hanya perlu mengaktifkannya dari setelan/pengaturan atau settings smartphone. Lebih jelasnya seperti diuraikan pada langkah dibawah ini:

Cara Menggunakan Tema Gelap Android 9.0 P

Untuk mengaktifkan mode gelap atau dark themes di android p, Anda cukup mengalihkan ke “Settings” -> “Display” -> “Advanced” -> “Device Theme” -> “Dark”. Lebih jelasnya seperti pada gambar dibawah ini:

Ada beberapa perubahan yang didukung setelah mengaktifkan dark theme. Diantaranya adalah warna contras dari warna putih menjadi hitam untuk tampilan notification bar, web browser, slide daftar aplikasi, menu volume, dan banyak lagi lainnya.

Fungsi ini juga didukung untuk beberapa aplikasi ketiga yang terdapat di Google Play Store. Misalnya seperti Google Chrome, Google Plus, dan beberapa aplikasi lainnya yang mendukung. Kurang lebih itu saja yang dapat disampaikan pada artikel kali ini, jika ada yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia.

BACA JUGA  2 Cara Menggunakan Video Sebagai Wallpaper Di HP Android