Google Play Protect merupakan salah satu fitur bawaan Android yang memungkinkan penggunanya dapat terhindar dari ancaman malware di perangkat Anda. Fitur ini akan mendeteksi setiap aplikasi atau data-data apapun yang memiliki potensi untuk keamanan dan kinerja perangkat.

Sehingga fitur ini terbilang cukup penting untuk Anda aktifkan, mengingat bahwa cukup banyak celah Android yang mungkin bisa membuat perangkat Anda terserang ancaman file malware. Hebatnya lagi aplikasi ini secara otomatis dapat diaktifkan untuk setiap Android dengan mudah.

Anda bahkan tidak perlu melakukan pembelian tambahan atau apapun itu. Dengan kata lain, Anda dapat langsung mengaktifkan fitur tersebut seperti yang dijelaskan pada beberapa langkah dibawah ini.

Cara Aktifkan Google Play Protect

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa fitur ini merupakan fitur bawaan yang tersedia di hampir semua smartphone Android. Fitur ini tersembunyi di aplikasi Google Play Store. Sehingga Anda hanya perlu mengaktifkannya dari sana atau seperti langkah berikut ini:

  1. Pertama, jalankan aplikasi Google Play Store Anda.
  2. Kemudian ketuk Menu tiga baris ☰ di samping kolom penelusuran.
  3. Selanjutnya, ketuk menu “Play Protect”, tepatnya diatas menu “Settings”.
  4. Dari jendela tersebut, aktifkan menu “Scan device for security threats”.

Itulah 4 langkah singkat yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan fungsi Google Play Protect dengan sangat mudah. Anda mungkin perlu memperbaharui aplikasi Google Play Store Anda untuk melihat fitur tersebut.

Selebihnya jika Anda yang kurang dimengerti atau mungkin ada masukan mengenai tulisan kali ini, silahkan meninggalkan pada kolom komentar dibawah.