Cara Mengaktifkan Fitur Night Mode di Android 7.0 Nougat

Diposting pada

Setelah Google merilis versi preview pengembang di Android 7.0 Nougat, banyak pengguna yang menyambut hangat fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan mode malam/ night mode.

Sama halnya pada fitur night mode di iOS. Fitur ini akan meredupkan kecerahan serta mengubah cahaya datar dari layar smartphone menjadi agak oranye atau merah bata. Hal ini dapat meminimalkan kerusakan jangka panjang pada mata pengguna, serta mengoptimalkan visual yang terlihat pada kondisi cahaya yang minim.

Namun, fitur ini tidak berhasil masuk ke dalam perilisan akhir Android Nougat. Untungnya, semua kode utama untuk Night Mode masih ada dan hanya disembunyikan dalam system ui android.

Pengembang aplikasi bernama Michael Evans mulai menyelidiki, dan akhirnya menemukan kode tersembunyi tersebut. Begitu dia menemukan kode itu, dia lalu menciptakan sebuah aplikasi untuk mengaktifkan pengaturan Night Mode yang notabene itu tidak diluncurkan secara resmi.

Dengan begitu, sekarang kita bisa mendapatkan filter layar biru pada Android Nougat, dan yang terbaik adalah aplikasi itu bahkan tidak memerlukan root sama sekali.

Langkah 1: Aktifkan System UI Tuner

Pertama, Anda harus mengaktifkan menu System UI Tuner tersembunyi pada perangkat Anda. Untuk melakukannya, slide dua kali dari atas layar home android Anda untuk memperluas menu Setelan Cepat.

Dari sini, tekan sambil tahan ikon perkakas kecil (settings) di pojok kanan atas, lalu lepaskan setelah sekitar 10 detik. Anda akan dibawa langsung ke menu Setelan Anda, di mana akan melihat pesan popup yang bertuliskan “Congrats! System UI Tuner has been added to Settings.”

Langkah 2: Install Aplikasi Night Mode Enabler

Aplikasi yang memungkinkan Night Mode di Nougat disebut sebagai Night Mode Enabler, dan sekarang Anda telah mengaktifkan System UI Tuner, Anda siap untuk menginstal aplikasinya.

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=org.michaelevans.nightmodeenabler

Langkah 3: Aktifkan Night Mode

Selanjutnya, buka aplikasi Night Mode Enabler, lalu tekan tombol satu-satunya di tengah layar. Dari sini, Anda akan dibawa ke menu pengaturan Night Mode yang tersembunyi di Android System UI Tuner.

BACA JUGA  Cara Memblokir Panggilan Masuk di Android 7.0 Nougat

Pastikan Anda mengaktifkan tombol “On” di bagian atas layar di sini, dan jika Anda mau, Anda dapat menyesuaikan setelan Mode Malam lainnya saat Anda melakukannya.

Langkah 4: Tambahkan Setelan Setelan Cepat Mode Night (Opsional)

Dengan pengaturan standarnya, Night Mode akan secara otomatis aktif saat matahari terbenam di lokasi Anda. Maka efek filter akan muncul perlahan seiring kondisi yang semakin gelap di kota Anda berdasarkan jam. Tetapi jika Anda ingin mengaktifkan tombol pengaturan manual untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Mode Malam kapan pun Anda mau, Anda dapat menambahkan tombol Setelan Cepat untuk hal ini.

Untuk memulai, gesek ke bawah dua kali dari atas layar home untuk memperluas menu Setelan Cepat. Dari sini, ketuk tombol “Edit”, lalu gulir ke bawah ke bagian bawah daftar untuk menemukan saklar mode Night.

Selanjutnya, cukup tekan tombol toggle, lalu seret ke area abu-abu gelap di bagian atas menu ini dan masukkan ke bagian tersedia. Mulai sekarang, Anda dapat menyentuh toggle ini untuk menghidupkan atau mematikan Night Mode, terlepas dari pengaturan otomatis.