Ekstensi Google Chrome merupakan salah satu tool yang sangat berguna untuk dapat meningkatkan fitur dan pengalaman browsing di browser Google Chrome. Apabila Anda sudah cukup sering membaca artikel woiden mengenai browser, maka Anda mungkin sudah melihat beberapa artikel woiden lainnya yang membahas mengenai ekstensi atau plugin dalam web browser.

Ekstensi memiliki banyak kegunaannya masing-masing, selayaknya aplikasi tambahan. Ada beberapa ekstensi yang memungkinkan Anda melakukan beberapa fungsi web browser, misalnya ekstensi Hover Zoom yang memungkinkan Anda memperbesar gambar secara langsung ketika menjelajah gambar di internet. Nah seperti itulah kegunaan ekstensi atau extension dalam web browser.

Namun satu hal yang mungkin sudah Anda ketahui, yakni Ekstensi ini hanya dapat digunakan dalam mode umum. Dengan kata lain, Ekstensi dalam web browser tidak akan dapat berjalan pada mode penyamaran atau incognito mode. Mengapa begitu?

Mode incognito atau penyamaran pada dasarnya merupakan aktivitas browsing internet yang tidak dapat dilacak dari cookie, history, dan cache browser. Ini sebabnya saat Anda berada dalam mode incognito, maka tidak ada akun yang tersimpan.

Nah tentu itu juga berpengaruh pada penggunaan ekstensi dalam google chrome sebagai web browser. Google saat ini menonaktifkan ekstensi secara default pada mode penyamaran. Untungnya Anda tetap dapat mengaktifkanya ekstensi dalam mode penyamaran. Hanya saja ada beberapa langkah ringkas tambahan yang harus Anda lakukan seperti pejelasan berikut ini:

Cara Mengaktifkan Ekstensi Chrome Dalam Mode Penyamaran

Anda tidak perlu menginstall atau mengunduh file apapun. Sebab fitur aktivasi ini pada dasarnya sudah tersedia sejak bawaan google chrome. Hanya saja pengaturan ini cukup tersembunyi dalam opsi ekstensi masing-masing.

Nah untuk mulai mengaktifkan ekstensi yang Anda inginkan. Caranya buka jendela Ekstensi/Extension di Web browser Google Chrome Anda, yakni dengan ketuk ikon “tiga titik” di pojok kanan atas -> More Tools -> Ekstensions atau seperti gambar dibawah ini:

Setelah semua daftar ekstensi terbuka, Anda cukup klik tombol “Details” pada salah satu ekstensi yang ingin Anda aktifkan dalam mode penyamaran atau seperti gambar dibawah ini:

Nah sebuah menu pengaturan rincian ekstesni akan muncul. Gulir kebawah sampai Anda melihat pilihan pengaturan bertuliskan “Allow in incognito”. Anda cukup aktifkan saklar ini untuk juga mengaktifkan ekstensi tersebut dalam mode penyamaran.

Untuk mencobanya, silahkan mencoba membuka tab baru dalam mode penyamaran caranya tekan tombol CTRL + SHIFT + N di keyboard komputer atau pc Anda. Apabila ekstensi tersebut aktifk, maka akan terlihat ikon disamping kolom url web browser.

Namun perlu Anda ketahui bahwa ekstensi chrome mungkin akan juga merekam riwayat jelajah Anda, maka jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi. Anda bisa menonaktifkan kembali tombol ekstensi tersebut kapanpun Anda mau dengan tahap atau langkah yang sama seperti diatas.