Ada banyak alasan masuk akal yang menjadi dasar seseorang ingin menggunakan mode gelap di iPhone mereka. Salah satunya adalah untuk menyeimbangkan kontras warna layar dengan kondisi ruangan agar nyaman untuk dilihat. Tidak menutup kemungkinan pada perangkat iphone terbaru yang sudah memiliki layar retina display.

Apapun tipe smartphone yang dimiliki, menggunakan mode gelap pada ruangan remang-remang atau gelap adalah penyeimbangan mata untuk nyaman menatap layar handphone kita. iPhone pada dasarnya sudah menerapkan fitur Invert Colors dengan detil Smart Invert untuk membuat kontrak warna berbanding terbalik. Sehingga kesan mode gelap bisa didapatkan dari menu pengaturan Accessibility ini.

Sayangnya untuk Invert Colors yang sudah ada sejak dahulu kala di iPhone tidak memberikan fungsi yang maksimal. Seringkali penyesuaian warna tidak tepat pada penggunaan aplikasi tertentu. Dimana seringkali gambar atau foto bahkan video ikutserta terkonversi oleh fungsi warna ini. Sehingga tidak cukup baik untuk digunakan sehari-hari.

Cara Menggunakan Fitur Dark Mode Di iPhone

Nah kabar gembiranya. Pada iOS 13 yang telah dirilis beberapa waktu yang lalu secara resmi oleh Apple. Adanya penambahan fitur Dark Mode dengan fungsi yang jauh lebih sempurna. Pembaharuan iOS 13 yang berkisar 2 GigaByte ini tidak sia-sia dengan fitur menarik yang ditambahkan.

Sehingga pengguna iphone yang sudah melakukan pembaharuan ke ios 13, tidak perlu lagi menggunakan fitur invert color ataupun melakukan jailbreak hanya untuk mendapatkan fitur dark mode yang friendly-use digunakan setiap hari. Pengaturan in bahkan diaktifkan langsung dari menu pengaturan iphone. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses menu “Settings” -> “Display & Brightness”.

Nah dari jendela Display & Brightness ini, Anda akan melihat dua pilihan di bagian “Appearance” yakni Light dan Dark seperti pada gambar thumbnails artikel ini. Cukup memilih menu “Dark” untuk mulai merubah warna dari iphone Anda menjadi gelap. Hal yang terhebat lagi adalah Anda dapat mengaktifkan mode gelap untuk opsi otomatis.

Misalnya saja aktif otomatis ketika diwaktu senja hingga malam hari atau sesuai dengan jam/waktu yang Anda tetapkan. Maka Anda tidak perlu lagi repot untuk menonaktifkan lalu mengaktifkan manual sepanjang hari. Sebab menu “Automatic” sudah tersedia tepat dibawah menu pilihan Dark tersebut.

Penutup

Apabila Anda menggunakan iphone dengan tipe iPhone X keatas. Maka Anda bisa mencoba mengaktifkan fitur “True Tone” untuk mendapatkan penyeimbangan warna yang lebih akurat. Sehingga kontras dan temperature cahaya dapat membantu untuk menyesuaikan warna yang paling sesuai ketika Anda menggunakan fitur dark mode di iphone Anda.

Semudah itulah cara mengaktifkan fitur modus gelap di perangkat iphone dengan operating system ios 13. Jika dirasa ada yang perlu dipertanyakan. Silahkan dengan senang hati melalui kolom komentar yang tersedia.