Salah satu fasilitas terbaik yang umumnya ditawarkan oleh berbagai perbankan pada nasabahnya adalah fasilitas internet banking. Ada beberapa fitur dan fungsi yang cukup bermanfaat dari kehadiran fasilitas internet banking ini. Diantara memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi dan inquiry atau untuk melihat informasi rekening, seperti mengecek sisa saldo, mutasi rekening, dan banyak lagi.

Fasilitas ini memang sangat dibutuhkan oleh beberapa nasabah, khususnya bagi mereka yang cenderung lebih rutin menggunakan fasilitas transaksi setiap harinya. Sehingga dengan adanya fasilitas seperti internet banking ini, mereka tidak perlu lagi ke bank ataupun atm untuk keperluan sederhana.

Fasiltias internet banking dasarnya sudah hampir diterapkan oleh semua Bank di dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu bank yang telah menerapkan fasilitas ini dengan kemudahaan aktivasinya adalah BNI atau Bank Negara Indonesia.

Sebagai salah satu pihak bank dibawah naungan BUMN ini juga turut serta memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya demi memanjakan para nasabah-nasabahnya yang memiliki tabungan rekening di dalam layanan perusahaan mereka. Hebatnya lagi, BNI merupakan salah satu bank yang menerapkan proses aktivasi internet banking yang paling mudah diantara beberapa lainnya.

Inilah salah satu keuntungan bagi mereka yang menjadi nasabah BNI, Anda tidak perlu harus mengantri ke bank terkait untuk melakukan aktivasi internet banking. Sebab Anda bisa mengaktifkannya kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Cara Mengaktifkan Fasilitas Internet Banking Bank BNI

Seperti yang diterangkan diatas bahwa untuk mengaktifkan fitur atau fasilitas online banking online BNI, Anda tidak perlu ke customer service ataupun ke bank terkait. Dua hal yang Anda butuhkan hanyalah kode pin dan kode aplikasi yang bisa Anda dapat melalui mesin ATM BNI di kota Anda dan satu hal utama lainnya adalah laptop atau pc untuk yang dapat terhubung oleh internet melalui browser. Selanjutnya, secara detail ikuti kedua langkah berikut ini:

Cara Registrasi E-Channel Internet Banking Bank BNI

Tahap pertama yang paling penting sebelum Anda dapat mengaktifkan fitur internet banking adalah membuat pin yang bisa Anda gunakan untuk aktivasi melalui browser internet. Maka, silahkan lakukan registrasi melalui mesin ATM terdekat di kota Anda. Setelah Anda memasukkan PIN ATM dan kartu ATM Anda, ikuti pilihan langkah berikut:

  1. Layar utama pilih “Registrasi e-Channel”
  2. Pilih “BNI Internet Banking”
  3. Kemudian buat 6 digit nomor PIN yang mudah Anda hafal. Pin inilah yang nantinya Anda gunakan untuk aktivasi internet banking.
  4. Ulangi 6 digit nomor pin aktivasi Anda sekali lagi.

Setelah berhasil, ambil Struk aktivasi Anda dan simpan baik-baik. Struk ini mencantumkan pin aktivasi dan kode aplikasi yang dibutuhkan untuk aktivasi internet banking. Maka simpan dengan baik sampai aktivasi internet banking berhasil nantinya.

Cara Aktivasi Internet Banking Bank BNI Melalui Browser Internet

Setelah Anda berhasil mendapatkan PIN dari mesin ATM, silahkan buka internet browser di komputer atau laptop Anda. Sebagian besar browser dapat Anda gunakan, seperti Safari Browser, Chrome, Mozilla Firefox, dan sebagainya.

Setelah jendela internet browser terbuka, akses situs berikut ini:

  • https://ibank.bni.co.id

Saat berada di layar utama situs internet banking bni, ketuk pilihan “Klik disini” tepat dibawah menu Aktivasi seperti pada gambar dibawah ini.

Dilayar berikutnya, terdapat 3 kolom yang perlu Anda lengkapi. Kolom pertama masukan Kode Aplikasi yang tertera di Kertas Struk saat melalukan registrasi di ATM. Pada kolom kedua ketikkan ulang 4 alphanumeric validasi yang tertera dilayar. Kemudian pada kolom terakhir, ketikkan pin yang telah Anda buat di mesin ATM sebelumnya.

Selanjutnya, sebuah kode aktivasi atau password OTP akan dikirim melalui pesan singkat/sms ke nomor handphone Anda yang terdaftar di Rekening Bank saat pertama kali membuka rekening. Pastikan 3 digit akhir dilayar jendela browser merupakan nomor handphone Anda yang sesuai dan masih dapat menerima pesan singkat tersebut.

Setelah mendapatkan password otp atau kode aktivasi tersebut, silahkan masukan kode tersebut ke kolom jendela yang tersedia di jendela browser internet Anda. Selanjutnya Anda diminta untuk membuat sebuah password yang dibutuhkan untuk akses login nantinya. Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti instruksi dilayar yang tertera. Anda mungkin juga disarankan untuk mengaktifkan otoritas untuk kegunaan transaksi seperti transfer dan sebagainya.