Cara Menelfon dan Chatting di HP Android Melalui Bluetooth

Diposting pada

Sudah sepatutnya sebuah handphone, terlebih smartphone itu memiliki fungsi utama sebagai penghubung perangkat satu sama lain atau alat komunikasi. Dalam hal ini termasuk komunikasi melalui panggilan telepon ataupun berbagi pesan teks.

Untuk mendukung komunikasi tersebut, umumnya perangkat membutuhkan jaringan yang didistribusikan oleh provider agar memungkinkan setiap perangkat dapat melakukan hal tersebut. Termasuk penggunaan pulsa sebagai tagihan penggunaan layanan.

Seiring perkembangan teknologi dan penerapan internet kesetiap perangkat portabel, juga memberikan dampak positif untuk setiap perangkat portable, termasuk smartphone. Kini seseorang dapat melakukan panggilan telepon maupun video, serta berbagi pesan teks hanya dengan menggunakan jaringan internet.

Hal ini tentu membuat biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah dibanding menggunakan pulsa reguler yang diterapkan provider. Terlebih berbagai paket kuota data dengan relatif terjangkau kini tersedia dihampir semua jaringan provider telekomunikasi.

Berbagai provider saling bersaing menawarkan paket layanan data internet untuk memanjakan penggunanya. Diluar dari jaringan internet yang dibutuhkan, untuk melakukan komunikasi melalui internet pun cukup mudah. Mengingat pula saat ini ada banyak sekali aplikasi smartphone yang mendukung fungsi telekomukasi berupa panggilan telepon dan berbagi teks, bahkan beberapa aplikasi mendukung berbagi file sekalipun.

Cara Menelfon Tanpa Pulsa di Smartphone Android

Namun bagaimana jika Anda ingin berkomunikasi melalui smartphone satu sama lainnya tanpa harus menggunakan kedua kebutuhan jaringan tersebut? Dengan kata lain melakukan komunikasi tanpa pulsa dan tanpa internet?

Tidak ada yang mustahil dalam pengembangan teknologi, termasuk teknologi smartphone. Setelah hadirnya beberapa aplikasi berbagi pesan berbasis internet. Kini ada aplikasi berbagi pesan berbasis jaringan bluetooth. Hampir serupa dengan aplikasi pesan seperti WhatsApp atau Line, namun aplikasi ini tidak membutuhkan jaringan internet atau pulsa sekalipun. Untuk melakukan fungsi telekomunikasi tersebut, aplikasi ini memanfaatkan fungsi bluetooth yang tersedia di setiap smartphone, khususnya smartphone Android.

BACA JUGA  Cara Transfer OVO ke GoPay Terbaru

Sehingga dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan panggilan telepon ataupun chatting sekalipun hanya dengan menggunakan jaringan bluetooth yang telah dihubungkan satu sama lain. Mungkin terkesan merepotkan karena harus menghubungkan kedua perangkat terlebih dahulu. Namun untuk kepentingan tertentu, aplikasi ini bisa sangat bermanfaat. Misalnya sebagai alternatif pengganti Handy/Walkie Talkie disaat genting.

Aplikasi ini disebut dengan BlueFi Phone. Aplikasi tersedia secara gratis di google play store dan mudah untuk digunakan. Lebih detailnya, Anda bisa menyimak penerapan mengenai cara penggunaan dari aplikasi ini pada uraian dibawah ini:

Cara Menggunakan Aplikasi BlueFi Phone

Seperti yang diterangkan sebelumnya diatas, bahwa aplikasi ini cukup ringkas untuk digunakan. Serta ketersediaanya yang gratis. Sehingga Anda dapat secara langsung menggunakan aplikasinya dengan mengunduh terlebih dahulu melalui tautan berikut ini:

  • https://woiden.com/go/vh7FKY

Aplikasi ini dulunya tersedia di google play store, namun entah dengan alasan tertentu, aplikasi ini tidak lagi tersedia. Namun jika Anda ingin mencari alternatifnya, Anda bisa mencoba melirik berbagai aplikasi di google play store yang memiliki fungsi serupa. Sebab tersedia banyak sekali aplikasi yang memiliki fungsi serupa di google play store. Anda hanya perlu mencari dengan kata kunci “bluetooth call” atau “walkie talkie”.

Setelah aplikasi terinstall. Anda perlu mengaktifkan bluetooth smartphone android Anda terlebih dahulu sebelum dapat menjalankan fungsi aplikasi. Setelah bluetooth diaktifkan. Jalankan aplikasi BlueFi Phone-nya. Kemudian ketuk tombol “Izinkan” atau “Agree” pada laman popup yang dibutuhkan, jika terlampir.

Selanjutnya, silahkan Anda hubungkan smartphone Anda ke smartphone tujuan lainnya, caranya dengan mengetuk menu more (ikon 3 baris), kemudian ketuk pilihan “Bluetooth Devices” (ikon bluetooth). Lalu ketuk tombol + dan silahkan cari nama bluetooth perangkat tujuan Anda.

BACA JUGA  Cara Download Livery Game Bus Simulator Indonesia

Setelah terhubung, Anda hanya perlu mengetuk daftar perangkat tujuan, dan memilih daftar fungsi yang dinginkan. Dimana terseda fitur Chat/berbagi pesan dan panggilan melalui bluetooth. Selebihnya tentang fitur detail yang disediakan, bisa Anda eksplore sendiri. Sebab mungkin ada sekian fitur yang secara kebutulan woiden tidak temukan saat itu.