Cara Mendapatkan Kembali File Data Yang Terhapus di iPhone

Diposting pada

Menghapus sebuah file itu bisa sangatlah mudah untuk dilakukan, terlepas dari sengaja atau ketidaksengajaan. Begitu juga halnya yang terjadi di perangkat iOS seperti iPhone, iPod, atau iPad.

Siapapun pengguna iPhone berpotensi untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan oleh dirinya sendiri. Maka dari itu pentingnya fungsi dua tahapan untuk melakukan tindakan penting di sebuah perangkat gadget apapun.

Termasuk pihak Apple itu sendiri yang sejak awal telah memikirkan kecenderungan itu. Dimana Apple menerapkan fungsi backup otomatis melalui layar iCloud mereka. Semua itu untuk memastikan bahwa tidak ada data penting Anda yang hilang begitu saja saat Anda benar-benar membutuhkannya ataupun dalam keadaan darurat tertentu.

Jadi, Apabila Anda telah melakukan kesalahan dengan menghapus kontak, pengingat, foto, video, note atau lainnya yang menurut Anda penting. Itu bisa Anda pulihkan kembali dengan beberapa metode, seperti melalui iTunes di komputer, iCloud atau proses backup manual yang pernah Anda lakukan.

Dari kedua metode umum diatas itu, metode iCloud bisa sangat mudah untuk digunakan. iCloud memiliki versi situs web yang menawarkan berbagai pilihan yang mudah untuk memulihkan semua data-data Anda. Sehingga Anda bisa memulihkan beberapa data-data Anda. Selebihnya silahkan menyimak penerapan dibawah:

Langkah 1: Mengkases iCloud.com Melalui Komputer

Melalui jendela browser di komputer Anda, kunjungi situs iCloud.com dan masuk menggunakan akun kredensial Apple ID Anda.

Situs iCloud tidak bekerja dengan baik pada perangkat mobile/smartphone. Maka dari itu, Anda seharusnya hanya mengakses melalui perangkat komputer, laptop, atau netbook Anda.

Langkah 2: Mengakses Settings

Setelah memilih “Settings” dari menu iCloud, cari bagian “Advanced” pada halaman di kiri bawah.

Ada tiga pilihan di bawah Advanced, termasuk:

  • Restore Files (from apps that support iCloud Drive)
  • Restore Contacts
  • dan Restore Calendars and Reminders
BACA JUGA  Cara Membuat Teleprompter di Kamera HP Android dan iPhone

Anda dapat menggunakan setelan ini untuk memulihkan data dari cadangan iCloud sebelumnya, yang diproses kapan pun Anda tersambung ke Wi-Fi dan pengisian daya baterai.

Langkah 3: Cari File Cadangan Anda

Apapun pilihan yang Anda pilih, maka sebuah jendela akan muncul di mana Anda dapat mencadangkan data-data yang Anda miliki seperti file, kontak, dan kalender. Bahkan Backup dari beberapa bulan terakhir akan tersedia untuk dipilih, yang seharusnya lebih dari cukup untuk mendapatkan kembali apa yang Anda inginkan.

Langkah 4: Mengembalikan Data File Anda

Setelah Anda menemukan data file bulanan yang Anda tuju. Selanjutnya Anda dapat mengembalikan data lama dengan menekan tombol “Restore” di sebelah daftar cadangan file bulanan yang Anda tersedia. Tekan “Restore” lagi di jendela yang muncul, kemudian tunggu proses itu memuat penerapan Anda.

Saat data Anda selesai dipulihkan, Anda akan menerima konfirmasi melalui iCloud, serta melalui email yang menyertai ID Apple Anda.

File Anda akan diperbarui dalam waktu singkat dan memungkinkan Anda untuk kembali ke perangkat iOS Anda untuk melihat data Anda yang dulu hilang sekarang ada lagi.