Cara Mendaftarkan Aplikasi Android Ke Google Play Store

Diposting pada

Google Play Store merupakan salah satu layanan atau toko aplikasi untuk perangkat Android resmi yang memungkinkan pengguna perangakat Android untuk menggunakan aplikasi yang tersedia. Play Store sendiri sudah terinstall sejak bawaan sebuah perangkat Android. Sehingga Anda mungkin tidak perlu lagi untuk menginstall manual aplikasi Play Store dari browser internet.

Google Play Store memiliki segudang aplikasi, ebook dan game yang memungkinkan untuk diunduh dan install secara langsung tanpa harus memindahkan file apk ke memori perangkat secara manual. Diluar itu, Anda mungkin memiliki aplikasi Android yang ingin Anda daftarkan atau publikasikan ke Google Play Store. Jika itu benar, maka Anda berada di situs yang tepat.

Cara Menambahkan Aplikasi Android Ke Google Play Store

Pada artikel ini, woiden akan menguraikan secara singkat mengenai cara memasukan aplikasi Android yang Anda miliki ke layanan Google Play Store secara cepat.

Langkah 1: Buat akun

Sebelum mengunggah aplikasi ke Play Store, Anda harus memiliki akun aktif dan berbayar biaya pendaftaran sebesar $25 atau sektiar 350 ribu rupiah melalui Google Play Developer Console.

Di sini Anda dapat menemukan petunjuk terperinci tentang cara mengonfigurasinya. Google memberikan proses pendaftaran yang sangat jelas dan mudah, sehingga Anda dapat menyelesaikannya dalam beberapa menit. Intinya yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Google Play Developer Console melalui tautan berikut ini:

  • https://play.google.com/apps/publish/

Langkah 2: Menyiapkan File APK (Aplikasi)

Keystore sangat teliti dalam menerbitkan file APK. Tanpa file ini,Anda tidak akan bisa untuk memperbarui aplikasi yang ada.

Setelah mempublikasikan aplikasi Anda, tidak mungkin mengganti nama paket (Package Name). Maka pastikan untuk menentukan nama yang paling tepat untuk jangka panjang. Package Name mendefinisikan identitas aplikasi Anda, sehingga jika Anda mengubah itu, Anda tidak akan dapat memperbarui ke versi baru aplikasi Anda nantinya.

BACA JUGA  Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet Android Dengan Firefox Rocket

Selain itu nama paket aplikasi Anda harus unik dan tidak duplikat atau telah digunakan oleh pengembang aplikasi lainnya yang sudah lebih dulu mengunggah aplikasi mereka.

Langkah 3: Mendaftarkan Aplikasi

Mengunggah aplikasi adalah langkah pertama untuk mengonfigurasi laman Anda dengan benar di Google Play Store. Anda harus memiliki akun Google Play Developer Console yang valid.

Saat Anda masuk ke Developer Console, klik “Add new application” di sudut kanan atas halaman. Di sana, Anda akan melihat dua kolom yang harus Anda lengkapi:

  • “Default Language” ini untuk mengatur bahasa utama aplikasi Anda di Google Play store.
  • “Title” ini judul pengembang aplikasi (contoh: PT Media Tekno Makassar). Bukan judul dari aplikasinya.

Ketika Anda menyelesaikan langkah pertama ini, Anda akan dialihkan  ke halaman “Store Listing” baru untuk menambahkan informasi tambahan tentang aplikasi Anda.

Langkah 4: Melengkapi Informasi Aplikasi

Di halaman ini, Anda harus melengkapi informasi tentang aplikasi dan nama usaha/perusahaan Anda. Sebagian besar kolom wajib dilengkapi. Tetapi beberapa hanya opsional dan bergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Di bawah ini adalah beberapa informasi yang dibutuhkan dalam laman Store Listing:

  • Nama Aplikasi yang akan ditampilkan di Google Play Store.
  • Deskripsi Aplikasi singkat (deskripsi singkat tentang aplikasi, hingga 80 karakter)
  • Deskripsi aplikasi lengkap (misalnya: fitur atau kelebihan aplikasi Anda)
  • Graphic Assets (informasi ditampilkan di bawah deskripsi aplikasi.
  • Jenis dan Kategori Aplikasi.
  • Rating konten.
  • Rincian kontak
  • URL/Link Kebijakan Privasi aplikasi Anda.
  • Harga & distribusi Aplikasi Anda. Ini mengenai harga aplikasi Anda, jika Anda memkomersilkan aplikasi:
  • Prices: yes / no (pilih yes, jika Anda ingin aplikasi Anda berbayar untuk diinstall)
  • Negara tempat aplikasi akan didistribusikan. Misalnya seluruh dunia/Eropa/Indonesia saja.
  • Informasi tentang iklan
BACA JUGA  Cara Mencari Sumber Gambar Melalui Penelusuran Google

Langkah 5: Mulai Unggah File APK

Untuk mengupload aplikasi, pilih halaman “App releases” pada menu sebelah kiri. Pada tahap ini Anda harus menentukan di channel mana (Alfa, Beta, atau Production) yang ingin Anda gunakan. Jika aplikasi Anda masih tahap uji coba, pilih “Alpha” atau “Beta”. Namun jika aplikasi Anda sudah lengkap dan siap publish untuk digunakan pengguna Android lainnya, maka pilih “Production”.

  • Setelah memilih channel yang tepat, klik “Create Release”
  • Tambahkan file APK Anda
  • Siapkan nama dan deskripsi

Sekarang Anda siap mempublikasikan aplikasi Anda ke seluruh dunia! Periksa akun Anda di Google Developer Console. Ada banyak fitur luar biasa untuk menganalisis pengguna aplikasi Anda, menerjemahkan/menyesuaikan situs aplikasi Google Play Anda dan banyak lagi.