Sebagai pengguna internet, Anda mungkin hampir sering menggunakan Google untuk menelusuri sesuatu di Internet. Entah itu menelusuri sebuah artikel, gambar, maupun konten tertentu yang ingin Anda lihat, gunakan atau dengar.

Salah satu layanan dari google yang memungkinkan Anda untuk menelusuri kontent terkhusu gambar adalah Google Images. Situs ini memberikan fungsional penuh untuk pengaksesnya dapat menelusuri atau mencari sebuah gambar.

Diluar itu, Google Image memberikan manfaat lainnya yang tidak kalah berguna. Tidak lain adalah fungsi untuk memungkinkan Anda dapat mencari sumber dari sebuah gambar yang Anda miliki atau dapatkan. Ini bisa digunakan ketika anda ingin mengetahui sebuah gambar yang mengindikasikan berita hoax ataupun tidak. Lebih detailnya dijelaskan berikut ini:

Cara Mencari Gambar di Google Melalui Desktop  PC

  1. Arahkan ke stius google.com
  2. Di sudut kanan atas, klik pada “Gambar” atau langsung kunjungi tautan: https://images.google.com
  3. Pada kotak pencarian, klik pada ikon “kamera”.
  4. Anda sekarang melihat dua pilihan. Entah klik pada “Tempel URL Gambar” untuk memasukkan alamat web pada sebuah gambar, atau klik pada “Upload Gambar”. Cukup pilih file untuk mencari gambar yang tersimpan di perangkat Anda. 

Cara Mencari Gambar di Google Melalui Mobile (iOS/Android)

Tidak ada ikon kamera di beranda Google saat mengaksesnya melalui Android atau iOS, tetapi ada solusi yang dapat Anda gunakan:

  1. Arahkan ke gambar yang ingin Anda cari di balik pencarian.
  2. Tekan lama atau tekan tahan pada gambar.
  3. Pada menu popup, ketuk “Search Google for image”.

Kesimpulan

Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan Google Image Search dengan gambar yang sudah tersimpan di perangkat Anda, artinya Anda tidak dapat mengambil foto dari gallery smartphone Anda dan kemudian membuat Google mencarinya.

Namun diluar itu, ini sudah cukup untuk mengetahui dimana sumber dari sebuah gambar yang Anda dapatkan. Ini penting, mengingat banyak sekali berita hoax di Internet yang menggunakan gambar atau thumbsnail berbeda yang seolah-olah itu adalah kenyataan di beritanya.

Jika Anda bingung atau merasa kesulitan menerapkan artikel ini. Jangan sungkan untuk menanyakan ke woiden melalui kolom komentar yang telah disediakan.