Setelah sekian lama beberapa masukan mengenai fitur penelusuran yang memudahkan seseorang menelusuri konten miliki mereka sendiri di google. Akhirnya pihak google secara resmi telah menambahkan fitur mereka kedalam fitur bawaan mereka.

Fitur ini tersedia sebagai menu “Pribadi” atau “Personal” yang letaknya berada di menu toolbar situs penelusuran google, tepatnya di kolom “Lainnya” atau “More”. Fitur ini memudahkan untuk siapapun lebih mudah menelusuri semua konten miliki mereka sendiri termasuk foto/gambar, video, tautan, file apapun yang telah terindeks di Google.

Sehingga ini lebih menguntungkan, ketika seseorang ingin mengetahui tautan atau konten apa saja yang telah terbit. Termasuk memudahkan mereka menganalisa data untuk berbagai kebutuhan marketing di internet. Lebih jelasnya mengenai bagaimana cara menggunakan fitur ini, bisa Anda lihat pada uraian dibawah ini:

Cara Menggunakan Fitur Pencaharian Personal/Pribadi di Google

Fitur tab Personal atau Pribadi ini sangatlah mudah, namun fitur ini tidak akan diaktifkan secara default. Maka dari itu Anda perlu menggunakan filter ini seperti pada langkah dibawah ini:

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk atau login ke akun Google Anda seperti biasanya di account.google.com. Setelah itu, alihkan ke tab penelusuran google seperti biasanya di tautan berikut:

  • https://google.co.id

Setelah itu, ketikkan kata kunci yang ingin Anda telusuri. Kemudian ketuk tombol “Enter” di keyboard atau klik tombol “Penelusuran Google”. Setelah semua hasil penelusuran di tampilkan, Anda cukup mengarahkan ke menu “Lainnya” atau “More” lalu dari menu drop-down pilih menu “Pribadi” atau “Personal” seperti pada gambar dibawah ini:

Hasil penelusuran akan disaring sesuai dengan konten yang berkaitan atau relevan dengan yang Anda terbitkan. Anda bisa melihat semua konten milik Anda yang telah terpampang di Google. Namun sayangnya, hanya ada beberapa jenis konten yang memungkinkan untuk ditelusuri, misalnya seperti informasi gmail, foto, lampiran akun, dan beberapa lainnya.