Sebagai pengguna individual Anda mungkin memerlukan beberapa gambar yang dibutuhkan untuk tujuan tertentu. Terlebih jika Anda adalah sesorang pekerja dengan profesi yang tidak jauh dari multimedia. Maka mencari sebuah gambar di google mungkin tidak asing lagi bagi Anda.

Namun sayangnya, untuk mencari sebuah gambar secara bebas, termasuk di Internet. Anda tentu sangat perlu untuk menyeleksi hasil penelusuran Anda. Terlebih untuk tujuan publikasi berulang. Anda tentunya harus mendaptkan gambar yang benar-benar bebas hak cipta. Hal ini agar Anda bebas dari pengaduan atau klaim yang bisa membuat masalah bagi Anda.

Untungnya beberapa platform di internet seperti Google sudah benar-benar baik dengan menerapkan fungsi filter untuk memudahkan penggunanya dapat menelusuri gambar yang bebas hak cipta. Sehingga ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai pengguna internet lainnya.

Fitur filter ini sebenarnya sangatlah mudah untuk digunakan, terlebih jika Anda mungkin sudah sering mengakses layanan Google untuk menelusuri sebuah gambar. Fitur ini berada di daftar menu filter google yang tersedia seperti yang diterangkan dibawah ini:

Cara Mencari Gambar Bebas Hak Cipta Di Internet

Mencari gambar melalui internet dengan kebebasan untuk digunakan siapa saja, itu cukup mudah. Khusus melalui platform Google, Anda hanya perlu mengakses tautan Google.com. Kemudian lakukan penelusuran gambar dengan mengetuk pilihan penelusuran “Images” atau “Gambar”.

Setelah beberapa daftar penelusuran gambar ditampilkan, Anda hanya perlu ketuk pilihan “Settings” dari menu toolbar yang tersebut. Kemudian pilih “Advanced Search”. Nah dari sini gulir kebawah sampai Anda menemukan pilihan “Usage Rights”. Kemudian pilih “Free to use or share” untuk mulai memfilter gambar yang dapat digunakan secara bebas.

Setelah itu, Anda akan melihat beberapa daftar yang diberi label bertuliskan “Non Commercial reuse”. Cara lainnya, juga Anda bisa melalui menu “Filter” yang tersedia di menu toolbar ketika melakukan penelusurna gambar di Google.

Dari menu filter juga Anda dapat menyesuikan beberap pilihan, seperti bebas untuk digunakan, dimodifikasi, didistribusikan, dan sebagainya. Selebihnya, bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan yang Anda inginkan saat itu.