Setiap pengguna komputer atau laptop seringkali secara tidak sengaja menggandakan beberapa file di perangkat. Ini karena fungsi copy paste yang begitu mudah dilakukan di perangkat desktop. Tidak selayaknya perangkat mobile, di komputer Anda hanya perlu menekan tombol pintas dikeyboard yang dapat memungkinkan Anda memindahkan atau menyalin sebuah atau beberapa file sekaligus dengan sangat cepat. Hal ini juga yang biasanya cenderung tidak kita sengaja untuk menyalin banyak file. Sehingga tidak jarang ada beberapa file ganda yang tersimpan di komputer kita, namun tidak kita ketahui.

Ini mungkin tidak berdampak signifikan terhadap penggunaan perangkat, namun jika jumlahnya yang begitu banyak. Bisa saja membuat kapasitas drive atau penyimpanan SSD perangkat akan semakin menumpuk. Ini juga memengaruhi ketersediaan kapasitas di komputer. Maka dari itu, artikel ini akan menjelaskan secara singkat mengenai cara mendeteksi file ganda di perangkat komputer windows dengan sangat mudah.

Namun sebelum melangkah ke penerapan dibawah, ada mungkin harus mengetahui bahwa jangan menggunakan fungsi ini pada drive System :C, sebab drive system memiliki berbagai file penting yang memiliki resiko jika terjadi kesalahan penghapusan. Anda tetap bisa melakukannya, namun harus memerhatikan penuh prosesnya.

Cara Mendeteksi File Ganda di Komputer Windows

Windows tidak memiliki fungsi bawaan yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari file ganda, selain mencarinya satu persatu melalui jendela explorer. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan software ketiga agar langkah Anda jauh lebih praktis dibanding menginspeksi satu-persatu file setiap folder. Ada beberapa software, diantaranya seperti Auslogics Duplicate File Finder, CCleaner, dan SearchMyFiles.

Mencari File Ganda di Windows Menggunakan Auslogics

Pada dasarnya ada banyak software pc yang memungkinkan Anda menemukan file ganda di komputer windows. Namun salah satu yang terbaik adalah Auslogics Duplicate File Finder ini. Software ini bahkan dapat Anda unduh gratis melalui link dibawah ini:

  • https://www.auslogics.com/en/software/duplicate-file-finder/

Untuk menggunakannya, Anda bahkan tidak perlu melakukan perubahaan setelan yang berarti. Melihat dari setelan default perangkat yang sudah sangat memenuhi apa tujuan penggunaan perangkat. Namun jika Anda ingin melakukan setelan lebih rinci, Anda bisa melakukan penyesuaian melalui “Settings”.

Software ini dapat menemukan dan mendeteksi file ganda yang berformat video, gambar, arsip (zip/rar), aplikasi dan banyak lagi. Langkah penggunaanya juga sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan penelusuran melalui tampilan utama software, dengan menekan tombo filter untuk mencari format file tertentu, dan menekan tombol “Delete Selected Files” untuk mode hapus cepat pada file ganda yang ditemukan.

Mencari File Ganda di Windows Menggunakan CCleaner

CCleaner adalah software cukup populer di perangkat windows. Sejak beberapa tahun yang lalu, CCleaner menjadi sangat banyak dimanfaatkan oleh pengguna komputer windows berbarengan dengan program Smadav kala itu. Bahkan hingga saat ini, CCleaner masih terus eksis. Selain fungsinya yang dapat menghemat penggunaan drive penyimpanan komputer. Program ini juga memiliki banyak fitur diantaranya fitur yang memungkinkan untuk mencari file duplikat atau ganda.

Nah untuk penggunannya sangatlah mudah pertama Anda harus mendownload programnya (jika belum memiliki) melalui tautan dibawah ini:

  • https://www.piriform.com/ccleaner/download

Setelah mendownload dan install programnya. Silahkan Anda jalankan, kemudian arahkan ke menu “Tools” -> “Duplicate Finder”. Nah dari jendela ini bisa memilih drive mana yang ingin Anda scanning dengan menekan tombol “Add” dari panel “Include”. Pastikan juga untuk mencentang pilihan “Inclued files and subfolders”.

Mencari File Ganda di Windows Menggunakan SearchMyFiles

Software ketiga yang memiliki fungsi serupa adalah program yang dinamai dengan SearchMyFiles. Program ini tergolong lebih kaya akan fitur, dimana filter yang digunakan lebih terperinci sehingga Anda bisa benar-benar mencari secara detail file ganda apa yang ingin Anda temukan. Aplikasi ini merupakan buatan dari NirSoft yang bisa Anda download secara gratis dari link dibawah ini:

  • http://www.nirsoft.net/utils/search_my_files.html

Hebatnya dari program ini adalah sifatnya yang portabel sehingga cukup ringan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah tanpa harus khawatir lagging atau memenuhi program instalasi komputer. Sedangkan untuk menggunakan program ini, cukup memilih menu “Duplicate Search” dari menu “Search Mode” yang berada di bagian atas jendela program ini. Kemudian menekan tombol “Browse dari bagian “Base Folders”. Nah disini Anda bisa memilih drive yang Anda tuju, misalnya dengan memilih drive C:\ dan sebagainya.

Nah itulah ketiga dari sekian banyak software atau program yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari file yang ganda atau duplikat di pc windows secara praktis. Program ini gratis, sehingga Anda bisa gunakan semaksimal mungkin tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lainnya.