Pada dasarnya youtube menyajikan konten-konten video berdurasi pendek. Umumnya durasi video yang tersebar di situs berbagi video ini berkisar antara rata-rata 5 hingga 30 menit.

Meskipun memang tidak ada batasan yang mengharuskan video yang diunggah berdurasi singkat. Namun sebagian besar konten kreator dan penikmat sudah menyadari hal tersebut. Youtube-pun sendiri tidak mengharuskan konten kreator atau pemilik akun mengunggah sebuah video dibawa atau diatas 10 menit. Semua itu kembali lagi pada pemilik akun dan durasi video yang telah dibuat.

Tidak heran jika Anda mencari sebuah film di youtube, maka kemungkinan besar film yang Anda temui berupa Web Series atau short movie dengan durasi maksimal 30 menit.

Lalu apakah sulit untuk menemukan film layar lebar di youtube?

Tentu tidak juga, jika Anda mencoba mencari film layar lebar dalam penelusuran Youtube, maka ada beberapa yang bisa Anda temukan. Hanya saja jumlahnya mungkin tidak sebanyak dan tidak selengkap situs unduh film seperti layarkaca21, dan sebagainya.

Keterbatasan ini dibatasi oleh hak cipta yang memang youtube menekankan pelanggaran konten hak cipta di layanan mereka. Maka kecil kemungkinan untuk sebuah film hak cipta dapat berumur panjang tayang di youtube. Terlebih jika film tersebut sudah mencapai ratusan ribu penonton, maka besar kemungkinan video akan ditarik dalam waktu dekat.

Meskipun memang youtube bukanlah habitat untuk mencari film layar lebar yang umumnya telah tayang di  bioskop-bioskop kota Anda. Tapi Anda bisa mencobanya. Jika beruntung Anda bisa mengunduh dan menyimpannya dengan sangat mudah di perangkat Anda. Bagaimana cara mencari film bioskop di youtube? Berikut dibawah ini dijelaskan beberapa tips dan triknya.

Cara Mencari Film Bioskop Di Situs Youtube

Dikarenakan mungkin ada banyak daftar yang ditampilkan ketika Anda melakukan penelusuran. Maka disini Anda perlu memanfaatkan filter untuk menyortir lebih detail daftar video yang benar-benar Anda cari.

Caranya pertama ketahui fitur filter yang ada di menu toolbar paling atas penelusuran seperti pada gambar dibawah ini.

Beberapa menu ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari secara pasti daftar yang lebih akurat. Ketimbang menyeleksi satu persatu daftar yang mungkin cukup banyak ditampilkan.

Langkah 1: Lakukan Penelusuran

Setelah Anda mengetahui judul film yang ingin Anda cari, naka lakukan penelusuran kata kunci atau judul film yang Anda cari.

Tambahan kata kunci “the movie” atau “full movie” diakhir judul atau kata kunci film yang Anda cari. Sebab, biasanya publisher mengunggah sebuah film dengan kata kunci akhiran tersebut sebagai judul. Contohnya: Transformer full movie.

Langkah 2: Filter Durasi

Daftar yang muncul berdasarkan relevansi kata kunci yang Anda masukan. Maka itu bisa termasuk video apapun yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda masukan. Misalnya trailer, behind the scene, top scene, review, dan banyak lagi.

Umumnya film bioskop berdurasi lebih dari 1 jam atau 60 menit. Maka coba atur filter dengan durasi diatas 20 menit. Dengan ini bisa lebih meringkas daftar yang Anda cari.

Langkah 3: Sortir Satu Persatu

Meskipun beberap daftar sudah ditampilkan. Bukan berarti daftar pertama adalah yang paling sesuai. Ada banyak daftar clickbait yang benar dapat menipu kita. Biasanya daftar ini menyesuaikan thumbnails yang menyerupai film yang dicari. Serta mengatur durasi semirip mungkin.

Agar tidak membuang2 waktu, tidak perlu Anda mainkan video hingga beberapa menit untuk memastikan. Cup lihat angka jempol kebawah (tidak suka) dan komentar yang ada. Video yang menonaktifkan komentar atau video dengan jumlah penonton tidak suka yang lebih banyak. Kemungkinan besar hanya video clickbait. Jumlah penonton/views juga bisa berpengaruh pada keaslian video yang diunggah.

Langkah 4: Download Video Youtube

Setelah Anda mendapatkan salah satu daftar yang benar-benar Anda cari. Maka selanjutnya, Anda bisa mengunduh file dari video tersebut.

Tidak sulit untuk menyimpan file dari video youtube ke perangkat Anda. Caranya dijelaskan pada tautan artikel dibawah ini:

Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti dalam penejelasan artikel tersebut. Termasuk langkah melalui web browser maupun menggunakan aplikasi youtube secara langsung.

Itulah empat langkah umum yang bisa Anda terapkan ketika ingin mencoba mencari film bioskop melalui youtube. Melalui youtube memudahkan Anda untuk men-download video tersebut tanpa pengalihan halaman iklan yang bertubi-tubi. Hanya saja tidak semua daftar mungkin bisa Anda temukan dari layanan berbagi video ini.