Menonton Film yang telah kita unduh melalui perangkat desktop seperti komputer atau laptop, mungkin sudah menjadi hal yang sangat biasa. Bahkan cukup mudah untuk mengunduh berbagai film bioskop dan menontonnya langsung melalui perangkat pc.

Namun seiring perkembangan perangkat gadget, kini smartphone juga sudah mulai mengambil peran sebagai perangkat portable yang akhir-akhir ini cenderung digunakan untuk menonton sebuah film box office. Salah satu keunggulannya karena perangkat gadget seperti smartphone maupun tablet, dinilai lebih ringkas untuk digunakan. Seseorang bahkan dapat menggunakan perangkat ini dalam keadaan dan dimana saja. Termasuk untuk menonton sebuah film box office akan terasa lebih relax, misalnya sambil tiduran, dan sebagainya.

Hanya saja beberapa aplikasi yang berfungsi menjalankan file film di smartphone, terkadang tidak mendukung penambahan atau fitur untuk menampilkan subtitle. Ini tentu agak menyulitkan ketika kita ingin menonton film hollywood, misalnya seperti Avengers, Transformers, atau film-film lainnya yang tidak diperankan dalam bahasa indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia yang mungkin tidak cukup mahir untuk memahami apa yang dikatakan dalam pemeran film, tentu cukup bergantung pada subtitle yang tertera dalam film dalam bentuk teks. Nah untungnya di perangkat hp Android kini tersedia salah satu aplikasi terkenal yang lebih dulu dikenal di perangkat desktop. Aplikasi ini bernama VLC Player. Apabila Anda sering bergonta-ganti media player di perangkat desktop Anda. Maka Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan media player yang satu ini. Di perangkat desktop, media player ini memiliki banyak fitur yang terlebih lengkap, termasuk menampilkan subtitle saat pemutaran film. Lebih lanjut mengenai cara menampilkan teks atau tulisan film dalam hp android dan iphone menggunakan vlc, bisa Anda simak dalam uraian dibawah ini:

Cara Menambahkan Subtitle Film Di HP Android Menggunakan VLC Player

Sebelum Anda melangkah kelangkah penggunananya, Anda terlebih dahulu harus mendapatkan aplikasi yang dibutuhkan. Aplikasi ini bernama VLC Player yang dapat Anda unduh dan install secara gratis melalui tautan dibawah ini:

VLC Untuk iOS/iPhone: https://woiden.com/go/ng1aQp
VLC Untuk Android: https://woiden.com/go/TkoOvp

Aplikasi ini secara resmi tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Jadi Anda cukup mengarahkan ke tautan diatas, kemudian menginstallnya secara resmi di perangkat Anda.

Nah dengan aplikasi inilah Anda bisa memainkan file film yang tersimpan di smartphone Anda. Anda juga dapat menambahkan subtitle saat pemutaran video/film dengan terlebih dahulu mengunduh file subtitle dan menyimpannya diperangkat smartphone Anda. Tentunya, ketika Anda mengunduh file film dari internet, Anda tentu juga mengunduh subtitle yang tersedia. Nah maka pindahkan pula file subtitle tersebut dalam satu folder film di smartphone Anda untuk lebih mudah Anda telusuri nantinya.

Untuk penggunaan aplikasi vlc ini, Anda hanya perlu membuka aplikasinya, kemudian memainkan file film yang Anda inginkan. Saat film dimainkan, ketuk ikon “Teks Gelembung” berwarna orange dibawah menu layar seperti gambar dibawah ini:

Kemudian dalam popup menu yang muncul, ketuk pilihan “Select Subtitle File”. Sebuah jendela popup baru akan muncul, dari sini telusuri file subtitle yang tersimpan di penyimpanan smartphone Anda. Ketuk filnya, dan beberapa saat pemutaran film juga akan menampilkan teks percakapan dibagian bawah layar selayaknya Anda menyaksikan film di laptop Anda pada umumnya. Apabila file subtitle yang Anda tuju, belum tersedia dan Anda hanya memiliki link unduh dari subtitle tersebut, maka Anda juga bisa mengunduhnya melalui aplikasi ini dengan mengetuk “Download Subtitle” pada menu popup yang muncul.