Cara Menampilkan Layar Komputer di HP Android dan iPhone

Diposting pada

Anda mungkin ingin melakukan beberapa aktivitas multitasking dari layar komputer dan smartphone Anda sekaligus. Ini adalah hal umum yang biasanya dilakukan oleh pekerja dunia digital. Menggunakan peralatan-peralatan seperti ini bisa membantu efisiensi pengerjaan.

Jika sebelumnya telah banyak dijelaskan mengenai bagaimana cara menampilkan layar smartphone di komputer. Maka ini adalah sebaliknya, dimana pada artikel ini akan dijelaskan tentang bagaimana kita dapat menampilkan apa yang ditampilkan di layar atau mirroring ke layar smartphone kita, khususnya Android dan iPhone.

Untuk melakukan ini, Anda memerlukan beberapa instalasi aplikasi tambahan seperti Spacedesk yang harus Anda install di komputer dan di smartphone Android Anda. Lebih jelasnya seperti berikut ini:

Langkah 1: Install Spacedesk di Komputer dan HP Android

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstall aplikasi Specedesk di kedua perangkat yang perlukan. Anda bisa mendownload aplikasi melalui link dibawah ini:

  • https://www.spacedesk.net/download/

Pastikan untuk memilih program yang tepat. Kemudian install di kedua perangakt. Untuk instalasi di Komputer, Anda mungkin harus merestart perangkat setelah melakukan instalasi, agar program dapat berjalan sepenuhnya.

Langkah 2: Hubungkan HP Android Ke Komputer

Setelah aplikasi terinstall di HP Android dan komputer Anda. Selanjutnya hubungkan smartphone Anda ke komputer melalui konektivitas jaringan wifi. Sehingga hubungkan kedua perangkat ke jaringan wifi yang sama.

Kemudian jalankan aplikasi di Hp Android Anda. Kemudian pilih menu “Connect” dari daftar komputer yang terdeteksi. Apabila komputer Anda tidak terdeteksi di layar smartphone Anda. Maka lakukan penelusuran, dengan mencentang menu “Auto Network Search”, kemudian masukan IP Address dari komputer Anda.

Apabila Anda tidak mengetahui alamat IP Address komputer Anda, silahkan arahkan ke: Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Wireless Network Connection -> Detaills

Nah daftar “IPv4 Address” itulah yang Anda masukan ke kolom ip yang dibutuhkan di aplikasi Android Anda. Selanjutnya pilih menu “Connect” untuk mulai menghubungkan perangkat.

BACA JUGA  Cara Install Call Of Duty: Mobile Di Semua HP Android

Langkah 3: Mencoba Aplikasi

Setelah menekan tombol “Connect”, beberapa saat kemudian, aplikasi akan menampilkan layar komputer Anda. Nah dari sini, Anda bisa menyesuaikan tampilan dengan menekan menu “Display Settings”, kemudian memilih “Extends this display” lalu pilih “Apply” untuk menampilkan penuh tampilan di layar.

Sekarang Anda, bisa menggunakan komputer Anda jarak jauh hanya dengan menggunakan smartphone Android atau iOS Anda. Mudah bukan?, Anda juga bisa menerapkan aplikasi ini di smartphone Windows Phone. Namun mungkin lebih dominan fitur di iPhone dan HP Android. Selebihnya jika Anda yang ingin ditanyakan silahkan meninggalkan komentar dibawahl.