Seperti yang kita ketahui bahwa Whatsapp memberikan fungsi yang dapat menyimpan media foto ataupun video agar dapat tersimpan otomatis di penyimpanan smartphone. Ini tentu sangat berguna ketika disuatu saat kita hendak melihat kembali media tersebut.

Beberapa orang menyambut baik fungsi ini, namun beberapa pengguna justru merasa risih dengan fungsi ini karena merasa bahwa fungsi ini hanya memenuhi kapasitas penyimpanan memori mereka. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang lebih memilih langsung menghapus penyimpanan secara berkala.

Namun ada kala dimana media yang terhapus tersebut secara tidak langsung kita butuhkan untuk alasan penting. Sehingga mau tidak mau mereka harus memulihkan gambar atau video melalui tab percakapan. Mirisnya jika itu tidak memungkinkan lagi karena batasan waktu.

Untungnya beberapa smartphone saat ini sudah mendukung penyimpanan cloud otomatis. Ini secara tidak langsung membantu pengguna untuk tetap terjaga dari ketidaksengajaan mengahapus gambar atau video di smartphone mereka. Dengan fungsi ini mereka dapat memulihkan gambar yang telah terhapus untuk jangka waktu tertentu.

Termasuk untuk aplikasi whatsapp yang mungkin terdapat banyak media yang tersimpan di smartphone Anda dan sedang Anda butuhkan saat ini. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengembalikan foto atau video whatsapp yang telah terhapus di Android dan iOS iPhone. Lebih lanjut, seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Memulihkan Foto & Video WhatsApp di iPhone

Seperti yang kita ketahui iPhone memiliki fitur iCloud yang benar-benar bermanfaat untuk segala aspek kebutuhan penggunanya. Termasuk fitur yang memungkinkan pengguna dapat memulihkan foto atau video yang telah dihapus sebelumnya dengan jangka waktu 30 hari terkahir.

Untuk memulihkan foto whatsapp Anda, cukup alihkan ke aplikasi “Photos” di iPhone Anda. Kemudian alihkan ke folder “WhatsApp” dan “Recently Deleted”. Dari folder ini Anda dapat melihat semua foto atau video yang telah dihapus 30 hari terakhir.

Nah disinilah Anda memiliki kesempatan untuk memulihkan sebelum akhirnya benar-benar terhapus. Caranya cukup memilih foto atau video yang Anda tuju, kemudian ketuk tombol “Recover” atau ketuk tombol ikon “Share”, lalu ketuk “Save”.

Cara Memulihkan Foto & Video WhatsApp di Android

Beda halnya pada smartphoen Android, ada cara yang berbeda dari perangkat iOS. Di Perangkat Android, Anda bergantung pada tab percakapan Anda. Dimana Anda tidak dapat memulihkan melalui cloud. Melainkan dari tab chat Anda.

Seperti biasanya, Anda hanya perlu membuka tab chat yang dituju, kemudian ketuk gambar atau video yang ingin Anda download kembali ke smartphone Anda. Seperti pada gambar dibawah:

Setelah Anda mendownload, media akan tersimpan kembali ke folder penyimpanan smartphone Anda seperti biasa. Sayangnya untuk perangkat Android, langkah ini terbilang cukup merepotkan dan telebih tidak ada langkah alternatif selain mengakses melalui folder rooting terpatnya di folder DCIM Android.

Demikianlah singkatnya mengenai cara mengembalikan media whatsapp yang telah terhapus dengna mudah dan cepat. Apabila ada yang ingin kurang jelas silahkan tanyakan melalui kolom komentar dibawah.