Blogger dan Tumblr merupakan kedua paltfrom blogging yang cukup populer digunakan oleh para blogger. Ada banyak fitur dan fungsi yang penuh mendukung untuk aktifitas dan distribusi konten dalam bentuk tulisan. Sehingga itu yang membuat banyak dari mereka yang memilih salah satu dari kedua platfrom tersebut.

Beberapa orang bahkan pernah atau menggunakan kedua platfrom tersebut. Termasuk woiden sendiri yang sampai saat ini masih memanfaatkan tumblr sebagai second platform untuk distribusi konten utama dari woiden.com.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menerbitkan artikel di tumblr. Namun pada tulisan kali ini hanya akan dijelaskan tentang bagaimana cara memindahkan atau import artikel dari blogger atau blogspot ke Tumblr secara otomatis. Lebih jelasnya seperti berikut ini:

Langkah 1: Aktifkan RSS Feed Blogger

Pertama, akses dashboard blogger Anda di blogger.com/home. Kemudian alihkan ke menu “Setelan/Settings”.

Dari laman menu setelan tersebut, ketuk menu “Lainnya/Others”, dibawah sub menu Setelan/settings. Lalu pada bagaian “Umpan Situs/Site Feed”, tepatnya di menu “Allow Blog Feed/Izinkan Umpan Blog”, pilih menu “Penuh/Full”.

Langkah 2: Masukan URL RSS Feed di Tumblr

Setelah Anda mengaktifkan RSS Feed dalam mode tampil penuh di blogger. Selanjutnya akses layanan gratis berikut ini:

  • http://www.bloggertotumblr.com/

Layanan ini akan memudahkan Anda untuk menerbitkan postingan feed penuh ke tumblr Anda secara otomatis atau Auto Generate Content. Anda cukup melengkapi kolom url yang dibutuhkan berupa url/link rss feed blogger Anda. Contohnya sebagai berikut ini:

  • http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

Apabila Anda kebingungan menemukan link rss blogger Anda, cukup akses situs dibawah ini untuk memudahkan Anda menemukan url/link rss feed Anda:

  • http://ctrlq.org/rss/

Setelah Anda melengkapi semua kolom yang dibutuhkan, centang pilihan “i certify that i have the copyright” Lalu ketuk tombol “Next”. Anda juga dapat menentukan Tag tertentu atau fitur filter lainnyan di menu “Advanced Options”.

Langkah 3: Berikan Akses Tumblr

Layanan akan meminta Anda untuk memberikan akses aplikasi ke akun tumblr Anda yang dituju. Anda cukup masuk ke akun Tumblr Anda. Kemudian klik tombol “Authorize With Tumblr” dari jendela yang muncul.

Disaat semua pilihan sesuai, Anda dapat mengetuk tombol “Publish on Tumblr” untuk mulai menerbitkan artikel secara otomatis dari blogger ke tumblr Anda.