Cara Membuka (Extract) File RAR dan ZIP di Mac

Diposting pada

Anda mungkin menerima beberapa file atau dokumen yang dikirim dengan format RAR. Namun Anda menggunaka perangkat Mac yang notabene perangkat Anda tidak mendukung secara bawaan tipe file tersebut.

Sehingga mau tidak mau Anda mungkin harus mengunduh sebuah software tambahan yang harus Anda install atau dengan menggunakan layanan drive di internet untuk membuka isi file tersebut. Namun, jika diluar itu, ada beberapa langkah unik yang bisa Anda gunakan untuk membuka atau extract file RAR di perangkat Mac. Beberapa cara itu dijelaskan dibawah ini:

Cara Extract File RAR dan ZIP di Mac Dengan Software Tambahan

Hal yang paling mengenaskan dari memiliki perangkat Mac adalah software umum yang mendukung file rar seperti Winrar, secara resmi tidak tersedia untuk perangkat Mac OS. Maka dari itu, mau tidak mau Anda harus menggunakan tool alternatif lainnya seperti KeKa.

Tool ini tersedia secara gratis yang bisa Anda install di perangkat Mac OS Anda. Jadi pertama silahkan mengunduh file Keka melalui tautan resmi berikut ini:

  • http://www.kekaosx.com

Hebatnya dari tool ini, Anda tidak hanya dapat membuka file dengan tipe RAR, melainkan juga beberapa tipe file lainnya seperti ZIP, 7-Zip, Tar, GZip, dan BZip2. Ini tentu manfaatnya hampir serupa dengan program Winrar di Windows.

Cara penggunannya juga mudah, setelah Anda menginstall Keka di Mac Anda. Maka Anda cukup melakukan Klik Dua Kali pada file RAR atau ZIP yang Anda tuju, kemudian memilih “Open With” -> “Keka.app (default)” dari jendela menu popup yang tampil.

Jika tool diatas tidak berfungsi dengan baik, maka Anda bisa menggunakan tool alternatif seperti WinZip yang juga pada dasarnya tersedia di Windows. Tool ini bisa Anda unduh melalui tautan dibawah ini:

  • http://www.winzip.com/mac/en/rar-for-mac.html

Cara Extract File RAR dan ZIP di Mac Melalui Terminal

Metode alternatif yang bisa Anda lakukan untuk membuka file Zip dan Rar di perangkat Mac adalah dengan menggunakan perintah melalui jendela Terminal. Caranya cukup membuka jendela Terminal di Mac Anda atau langsung dengan menekan tombol fisik “CMD” + “SPASI” di keyboard, kemudian mengetikan “Terminal”.

BACA JUGA  Cara Translate RSS Feed Bahasa Indonesia Otomatis

Setelah jendela Terminal.app terbuka, Anda cukup mengikuti perintah seperti dibawah:

  • brew install unrar

Setelah anda mendapatkan pesan seperti gambar diatas, kemudian ketikkan perintah berikut:

  • xcode-select –install

Nah, selanjutnya Anda sudah bisa membuka isi file Rar atau zip menggunakan perintah seperti contoh dibawah:

  • unrar x nama_file.rar

warna merah diataslah yang Anda sesuaikan dengan nama file rar atau zip Anda.

Langkah ini akan mengeluarkan semua isi dari file rar Anda ke folder yang sama dimana file itu berada. Jadi Anda cukup melihat file itu langsung dimana Anda menempatkannya. Mungkin itu saja, selebihnya jika ada kekurangan atau ada tanggapan lainnya, silahkan berkomentar dibawah ini.