Beberapa waktu yang lalu saat artikel ini diterbitkan, instagram telah menambahkan fitur baru kedalam jendela cerita atau stories yang memungkinkan penggunannya dapat menambahkan musik tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa untuk menambahkan musik atau membagikan musik kedalam instagram stories, biasanya kita sebagai pengguna dapat menggunakan fitur share dari aplikasi Spotify. Sayangnya mungkin tidak semua orang menggunakan aplikasi spotify sebagai pemutar musik di smartphone mereka.

Nah pada kali ini, instagram benar-benar memberikan pengalaman tambahan ke penggunanya agar dapat jauh lebih mudah membagikan musik melalui snapstory. Namun sangat amat disayangkan, di Indonesia sendiri, fitur instagram music di story belum tersedia. Sampai artikel ini diterbitkan, fitur untuk menambahkan musik melalui story hanya dapat digunakan oleh user di Negara tertentu seperti Australia, New Zealand, Perancis, German, Swedia, Inggris dan Amerika tentunya.

Apabila Anda berada diluar dari Negara yang disebutkan dalam artian kemungkinan besar Anda berada di Indonesia. Maka sayangnya Anda tidak bisa menggunakan dengan gamblang fitur ini. Jika Anda berada di Negara diluar yang tersedia, maka Anda akan melihat gambar seperti ini:

Namun Anda tetap bisa menggunakan fitur ini, meskipun Anda harus menggunakan VPN untuk mengganti ketersediaan Negara di perangkat Anda. Apabila Anda bersedia untuk melakukan itu demi kepuasan atau untuk tujuan tertentu, maka Anda bisa simak panduan dibawah ini.

Cara Membuat SnapStory Musik Instagram Di Indonesia Tanpa Dibatasi

Anda tidak perlu menggunakan aplikasi instagram modifikasi atau sebagainya. Anda hanya membutuhkan aplikasi resmi yang tersedia di app store dan google play store. Namun jika aplikasi instagram telah terinstall lebih dulu di smartphone Anda. Maka silahkan hapus terlebih dahulu, kemudian aktifkan VPN ke Negara yang tersedia (disarankan: US/Australia) di smartphone Anda.

Pada artikel sebelumnya woiden telah membahasa artikel cara menggunakan vpn di android dan apple ios. Maka Anda cukup baca artikel tersebut melalui tautan dibawah ini:

Setelah Anda menghapus aplikasi instagram dan mengaktifkan VPN di smartphone Android atau iPhone Anda. Selanjutnya, Anda harus menginstall kembali aplikasi instagram dalam keadaan vpn yang masih aktif. Caranya seperti biasa, cukup buka Google Play Store atau Apple App Store di smartphone Anda, kemudian cari dan install aplikasi Instagram.

Setelah aplikasi terinstall, Anda cukup masuk dengan akun instagram Anda. Kemudian buka jendela Stories seperti biasanya. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, pertama dengan menambahkan backsound pada story, dengan cara menggeser jendela story dari normal ke “Music” pada bagian menu side dibawah.

Cara kedua yakni dengan membuat story seperti biasa dalam mode normal. Kemudian ambil atau masukan gambar sebagai latar belakang story yang ingin Anda bagikan nantinya. Setelah Anda mengambil gambar, geser bawah layar keatas atau ketuk menu stiker story di pojok atas menu story.

Anda akan melihat fitur baru yang bertuliskan “Music” seperti gambar diatas, Anda cukup memilih menu ini, kemudian memilih daftar lagu yang ingin Anda masukkan. Kemudian bagikan SnapStory Anda seperti biasa. Maka teman instagram Anda akan melihat seperti pada gambar screenshot pertama diatas.