Timelapse merupakan salah satu teknik cinematografi yang cukup populer saat ini. Unsur perekamanini mengandalkan beberapa atau sekumpulan foto yang diambil dengan rentang periode secara berurutan.

Dari hasil bidikan ini nantinya akan mengabadikan sebuah objek pergerakan, proses, ataupun perubahaan yang terjadi. Dari sekumpulan bidikan ini bisa menjadi visual yang indah. Beberapa objek time lapse biasanya mengacu pada pergerakan atau perubahaan yang akan terjadi, seperti matahari terbit atau terbenam dan proses pertumbuhan objek lainnya.

Biasanya seseorang mengambil setiap bidikan gambar menggunakan kamera professional, mengingat pegambilan gambar dilakukan secara periode. Sehingga kemungkinan dibutuhkan waktu standby perangkat yang cukup lama.

Dengan hal ini Anda tentu perlu mempersiapan perangkat yang benar benar matang, agar nantinya hasil yang dihasilkan juga memuaskan. Namun untuk melakukan teknik perekaman timelapse, Anda tidak perlu kamera professioanl, sebab dari perangkat smartphone yang Anda miliki juga sudah dapat melakukan pengambilan gambar timelapse.

Terkhusus pada perangkat Xioami yang mungkin cukup banyak digunakan diluar sana. Maka pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara membuat timelapse dari smartphone Xiaomi sebagai berikut:

Cara Membuat Video Timelapse Melalui Smartphone Android Xiaomi

Hebatnya dari smartphone Xiaomi, Anda tidak perlu mengjnstall aplikasi tambahan apapun untuk membuat video timelapse. Sebab secara bawaan smartphone tersebut telah ditanamkan fungsi untuk melakukannya. Jadi yang langkah pertama yang harus Anda lakukan, cukup membuka aplikasi Kamera bawaan hp xiaomi Anda.

Setelah jendela kamera terbuka, alihkan ke mode Perekaman Video dengan cara mengetuk ikon Kamera Video disamping Tombol Pengambilan gambar dibawah layar. Kemudian saat jendela perekaman video terbuka, ketuk tombol “Pilihan” diatas tombol merah tengah bawah layar.

Nah dari jendela pilihan inilah Anda akan melihat menu untuk membuat perekaman timelapse bertuliskan “Selang Waktu”, jadi cukup ketuk pilihan ini.

Di paling atas layar Anda akan melihat angka yang nantinya akan menghitung durasi pengambilan gambar dari berapa durasi jam, menit, dan detik total pengambilan gambar. Selebihnya untuk kualitas kamera, interval waktu dan lainnya, bisa Anda sesuai sendiri melalui menu setelan kamera hp Anda.