Mungkin Anda sering melihat live streaming yang dilakukan oleh youtuber gaming yang melakukan streaming video sembari memainkan sebuah game di smartphone mereka. Game memang memiliki ketertarikan yang cukup kuat untuk mereka netizen, mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Tidak heran mengapa konten atau kategori gaming bisa begitu membludak di internet dan menjadi salah satu konten yang sedang hype untuk tahun 2018 ini. Nah untuk membuat live streaming gameplay di youtube, sebenarnya tidaklah sulit. Terlebih dimana beberapa game sudah menyediakan fitur bawaan untuk live streaming atau record gameplay seperti game moba analog dan beberapa game lainya.

Namun sayangnya tidak semua game di smartphone itu menerapkan fungsi bawaan yang sama. Sehingga mau tidak mau Anda harus melakukan langkah lebih yang memungkinkan player untuk merekam video atau live streaming gameplay di layar smartphone Android Anda. Lebih jelasnya seperti yang diuraikan pada langkah dibawah ini:

Cara Siaran Langsung Youtube Dengan Tampilan Layar Game Android

Sebelumnya Anda melangkah pada penerapan dibawah, perlu Anda ketahui bahwa pada langkah ini perangkat Anda harus memenuhi spesifikasi diantaranya berupa penggunaan versi Android minimal Android 5.0 Lollipop. Setelah itu, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Youtube Gaming di Android Anda melalui tautan google play store dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/xPbVF2

Setelah Anda mendownload dan install aplikasi youtube gaming di smartphone Android Anda. Selanjutnya cukup menjalankan aplikasi Youtube Gaming ini daftar aplikasi smartphone Anda. Kemudian Login menggunakan akun Youtube anda.

Selanjutnya, ketuk Avatar atau Foto Profil Anda dari pojok kanan atas layar smartphone Anda, kemudian ketuk tombol “Go Live”. Sebuah popup ditengah layar akan tampil. Anda cukup mengetuk pilih “STREAM” untuk mulai mempersiapkan live streaming. Anda juga bisa menekan tombol “Record” jika hanya ingin merekam gameplay Anda saja.

Dibawah menu ini, ada menu “Video Format” yang dapat Anda sesuaikan untuk kualitas video yang dihasilkan. Tersedia kualitas 480p dan HD 720p. Apabila Anda memilih kualitas 720p, pastikan konektivitas internet Anda sangat baik karena penggunaan data internet memerlukan akses yang lebih cepat dari biasanya ketimbang menyaksikan vide streaming.

Selanjutnya cukup ketuk “Next” dibagian pojok kanan bawah menu popup tersebut. Pada menu selanjutnya, silahkan pilih aplikasi game yang ingin Anda mainkan sembari merekam. Kemudian Anda bisa membagikan tautan yang dapat dibagikan ke teman-teman atau subscriber youtube Anda agar mendapatkan penonton yang lebih banyak.

Cukup ketuk tombol “Start” untuk mulai memainkan game dan merekam untuk live streaming. Anda akan melihat menu gelembung mengambang di layar smartphone Anda. Ketuk ikon  tersebut, kemudian dalam hitungan 3 detik akan memulai proses streaming Anda.

Selama Streaming dilakukan Anda bisa memantau kondisi jaringan dan beberapa info detail lainnya dengan mengetuk ikon mengambang tersebut dilayar. Untuk menghentikan proses streaming cukup mengetuk ikon Stop berwarna merah.

Hebatnya dari aplikasi ini, yakni memungkinkan Anda merekam atau siaran langsung dengan dua screen secara langsung yaitu tangkapan kamera depan smartphone Anda atau wajah Anda. Serta menampilkan apa yang ditampilkan dilayar smartphone Anda atau tidak lain merupakan gameplay yang Anda mainkan.