Berhubung saat ini kita sedang berhadapan dengan pandemi Virus Corona atau Covid-19. Postingan woiden kali ini akan membahas tentang Cara Membuat Hand Sanitizer dan Disinfektan dengan Mudah.

Covid-19 atau virus corona yang merebak baru-baru ini, telah membuat kekhawatiran dikalangan masyarakat serta menjadikan kelangkaan dan mahalnya kebutuhan alat perlindungan diri seperti hand sanitizer dan disinfektan yang akan kita bahas kali ini.

Cara Membuat Hand Sanitizer

Hand sanitizer atau antiseptic pembersih tangan yang dipercaya dapat menyingkirkan virus di tangan, serta menjadi alternatif untuk menggantikan fungsi sabun pun sudah jarang dan sangat langka untuk didapati. Hal tersebut menjadikan sejumlah pihak untuk meramu sendiri dengan menggunakan bahan yang bervariasi, tak terkecuali dengan bahan alami dan herbal. Dikarenakan alkohol saat ini sudah mulai sulit didapat, menjadikan bahan-bahan alami dan herbal sebagai pilihan.

Seperti daun sirih yang juga berkhasiat sebagai antiseptik dan memiliki kelarutan dalam air dengan relatif rendah. Daun sirih bisa digunakan untuk bahan utama dalam pembuatan hand sanitizer atau antiseptic pembersih tangan yang alami dan herbal. Seperti yang ditunjukkan oleh  Dr.Retno Sari M.Sc, Apt, berikut langkah-langkah pembuatannya:

  • Potong-potong kasar terlebih dahulu daun sirih yang akan digunakan dan masukkan ke wadah.

membuat Membuat Hand Sanitizer dengan daun sirih

  • Ambil panci yang berisikan air untuk didihkan.

panci untuk membuat Hand Sanitizer

  • Letakkan wadah berisi daun sirih tadi di atas air mendidih dan panaskan hingga 30 menit sampai keluar ekstak daun sirihnya.
  • Masukkan ke botol untuk menyimpan.
  • Dan selesai, hand sanitizer alami daun sirih siap digunakan.

Hand Sanitizer dan Disinfektan dari daun sirih

Cara Membuat Disinfektan

Membuat disinfektan

Tak jauh berbeda dengan disinfektan yang dipercaya mampu membatasi dan membunuh virus di permukaan benda, tak terkecuali untuk virus corona (Covid-19), saat ini juga sudah mengalami kelangkaan di pasaran, sehingga membuat masyarakat meracik sendiri dengan bahan alternative yang lebih mudah dan murah.

Dari rekomendasi dr.Nahla Shihab, kita bisa membuat disinfektan dengan berbahan dasar bayclin dan air. Dengan cara berikut:

  • Bayclin 95ml ditambahkan air 905ml (sehingga menghasilkan 1000ml larutan disinfektan).
  • Bayclin yang digunakan sebagai bleaching/pemutih yang mengandung sodium hypochlorite konsentrasi 5,25%.
  • Semprotkan pada permukaan yang sering disentuh minimal 2 kali sehari. Misalnya: gagang pintu, remote TV, saklar lampu, dll.

Demikian Cara Membuat Hand Sanitizer dan Disinfektan dengan Mudah berbahan alami daun sirih dan disinfektan berbahan bayclin. Mudah bukan? Selamat mencoba!