Cara Membuat Folder Tanpa Ikon dan Nama di Windows 10

Diposting pada

Ada banyak trik di windows 10 yang mungkin masih jarang diketahui oleh pengguna perangkat windows. Salah satunya adalah kemampuan windows 10 untuk membuat sebuah folder tanpa nama dan tanpa ikon sama sekali.

Sehingga folder itu nampak seperti transparan atau bahkan tak kasat mata sama sekali. Fungsi ini cukup keren apabila ada keinginan Anda untuk menyembunyikan sebuah file kedalam folder yang dimana tidak ingin ada orang mengetahuinya.

Fungsi ini hampir serupa dengan apa yang dapat dilakukan di windows versi sebelumnya. Namun hanya ada beberapa tahapan yang sedikit berbeda. Lebih lanjut, silahkan menyimak penerapan dibawah ini:

Membuat Folder Tanpa Ikon

  1. Klik kanan pada desktop Anda dan buat folder baru.
  2. Selanjutnya, klik kanan pada folder dan pilih “Properties”. Klik pada tab “Customize”, dan kemudian pada tombol “Change icon”, di bawah ikon Folder.
  3. Sebuah kotak baru akan terbuka. Untuk informasi Anda, ikon Sistem dapat ditemukan di lokasi berikut:
    • %SystemRoot%\system32\SHELL32.dll
  4. Arahkan slider dan cari ikon kosong dari daftar yang ditampilkan dan pilih ikon kosong itu. Klik “OK” lalu Terapkan.
  5. Anda akan melihat ikon hilang dan hanya nama yang tersisa.
  6. Jika ikon khusus ini tidak sesuai untuk Anda, cobalah beberapa ikon kosong lainnya.

Membuat Folder Tanpa Nama

Setelah Anda membuat folder tanpa ikon, ikuti tutorial ini untuk membuat nama folder kosong. Sehingga ini membuat folder yang Anda buat, itu benar-benar tak terlihat alias transparan.

Untuk membuat folder tanpa nama windows 10/8/7, Anda hanya perlu menamai folder Anda itu menggunakan angka atau tanda baca dari keyboard NumPad.

Keyboard yang menggunakan NumPad berada di bagian kanan keyboard. Silahkan menggunakan 17 angka hingga beberapa tanda baca sebagai nama folder Anda. Mulai dari 0 sampai 9, +, *, /, ., kemudian Enter.

BACA JUGA  Cara Menonaktifkan Update Otomatis Windows 10

Untuk di Windows 8.1, Anda perlu menekan tombol “Alt” + 0160 meggunakan tombol NumPad di keyboard Anda

Ingat, bahwa ini hanya bisa diterapkan untuk komputer yang menggunakan keyboard dengan NumPad.

Setelah Anda menerapkan kedua trick ini, maka Anda hanya akan melihat ruang kosong dari Folder dan akan menjadi tidak terlihat oleh semua orang. Untuk melihatnya Anda harus mengarahkan cursor kearah folder tersebut.

Dengan demikian, Anda akan membuat folder tanpa ikon atau nama pada Windows 10.

Jika Anda lupa lokasi folder di desktop Anda, tekan Ctrl + A untuk Pilih semua, dan Anda akan melihat folder yang dipilih dan muncul sebagai berikut: