Cara membuat filter sendiri di instagram

Artikel kali ini woiden akan berbagi trik bagaimana Cara Membuat Filter Sendiri Untuk Instagram Stories. Bagi yang kamu ingin menjadi selebgram wajib baca artikel ini sampai habis.

Instagram adalah salah satu aplikasi berbagi foto dan video paling populer saat ini dan hampir semua dari kita pasti pernah menggunakannya. Aplikasi ini memiliki beragam fungsi yang bisa diandalkan, juga tersedia secara gratis di playstore maupun appstore. Di instagram kita bisa berbagi foto dan video bahkan like ataupun berkomentar pada beberapa postingan yang kita temui, karena disana kita bisa mengikuti dan memiliki pengikut sehingga memperluas interaksi kita.

Namun seiring berkembangnya waktu, menjadikan fungsi instagram tidak hanya sebagai platform untuk berbagi foto dan video namun juga sebagai tempat mencari pertemanan, mempermudah promosi hingga mencari informasi terbaru.  Tak lupa juga, bahwa di instagram kita bisa menggunakan fitur direct message (DM) untuk mengirim pesan langsung secara pribadi dan juga instastory untuk foto ataupun video pendek baik yang kita unggah secara langsung ataupun yang sudah kita rekam sebelumnya.

Banyaknya fitur yang tersedia disana menjadikan foto maupun video yang kita bagikan pun lebih menarik untuk dilihat karena ada beberapa filter yang bisa kamu terapkan di foto ataupun video kamu. Bahkan baru-baru ini instagram mengizinkan penggunanya untuk membuat filter sendiri sehingga kita bisa mengkreasikannya seperti yang kita mau.

Dengan menggunakan aplikasi Spark AR Studio kamu bisa membuat filter yang kamu mau dengan memanfaatkan tools yang ada disana. Kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu dilaman dokumentasi yang ada di facebook untuk panduannya, mengingat bahwa facebooklah yang membawahi instagram saat ini.

Cara Membuat Filter Sendiri Untuk Instagram Stories

Di postingan kali ini, admin akan mempermudah kamu dalam mempelajarinya. Sehingga kamu lebih mudah untuk membuat filter sendiri. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti, simak baik-baik ya.

  • Pertama-tama kamu harus mengunduh aplikasi Spark AR Studio versi Laptop / PC di sini.

Download Spark AR Studio

  • Kemudian kamu login menggunakan akun facebook yang sudah terhubung dengan instagram kamu.
  • Lalu kamu siapkan gambar dengan format PNG tanpa latar belakang, dan aktifkan fitur face tracker yang ada pada pilihan seperti di bawah ini.

tutorial aplikasi Spark AR Studio

  • Kamu klik “add” pada obyek “FaceTracker0” tambahkan dengan klik “facemesh” untuk membuat model 3D.

menambahkan model 3D di aplikasi Spark AR studio

  • Selanjutnya kamu tambahkan gambar berformat PNG tadi ke dalam facemesh dengan klik “facemesh” dan beralih ke bagian “inspektur”. Lalu kamu temukan menu “material” dan klik tombol “+”. Dan secara otomatis akan muncul seperti berikut.

membuat filter instagram sendiri

  • Pilih “shade type” atur sesuai keinginan kamu dan lanjutkan dengan memilih texture (Pilih gambar yang sudah kamu siapkan tadi dengan format PNG).

Menciptakan Filter Sendiri Untuk Instagram Stories

  • Seteleh itu kamu klik simpan dengan “send to app”, pilih “instagram camera”. Dan kamu tinggal menunggu hingga prosesnya selesai.

Mebuat filter instagram sendiri

  • Langkah terakhir setelah proses selesai kamu buka Linknya di smartphone kamu dah kamu sudah berhasi membuat filter insta story pribadimu.

Menciptakan Filter Sendiri Untuk Instagram Stories

Kamu bisa menggunakannya di stories seperti biasanya jika sudah ada notification dari instagram. Dan pengguna lain juga bisa menikmati filter yang kamu buat jika filter ciptaan kamu sudah memenuhi syarat.

Itulah cara membuat filter sendiri untuk instagram story yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat!