Cara Membuat Barcode Secara Online

Diposting pada

Barcode merupakan garis pola geometris yang biasanya berbentuk dari vertikal. Pola geometris ini digunakan untuk memindai atau membaca semua id dan nomor tersembunyi dibalik pola tersebut. Biasanya pola barcode ini digunakan pada sebuah barang atau produk untuk memudahkan barang tersebut scan guna melihat detail barang lebih rinci.

Namun seiring perkembangan teknologi, barcode biasanya juga diterapkan pada berbagai produk digital lainnya. Bahkan barcode juga digunakan untuk fungsi login instant pada beberapa aplikasi sosial media.

Lalu bagaimana cara membuat atau generate barcode sendiri?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat atau men-generate barcode sesuai dengna text atau id yang Anda inginkan secara mudah. Beberapa cara itu diantaranya hanya menggunakan layanan online di situs internet yang dapat diakses secara mudah dan cepat. Lebih jelasnya silahkan simak penerapan dibawah ini:

Mulai Membuat Barcode Secara Online

Seperti yang diterangkan sebelumnya, ada beberapa situs yang memungkinkan Anda untuk membuat barcode secara online. Beberapa situs ini diantaranya sebagai berikut:

  • barcodesinc.com
  • barcode.tec-it.com

Di halaman depan situs tersebut, Anda cukup mengetuk pilihan “Generate Barcode” dan Anda akan dialihkan ke jendeal pembuatan barcode. Dari jendela pembuatan barcode ini, cukup mengetikan kata, id atau kode tertentu yang Anda inginkan.

Di laman yang sama akan juga menampilkan gambar barcode yang bisa Anda simpan untuk nantinya Anda scanning menggunakan smartphone atau alat barcode scanner. Barcode ini juga berfungis untuk menampilkan url link yang dapat diakses cepat hanya dengan memindai garis barcode tersebut.

Mendaftarkan Barcode Secara Resmi

Apabila Anda merasa barcode yang Anda buat perlu diajukan untuk nomor identifikasi UPC atau ISBN dari sebuah produk atau layanan yang Anda miliki. Maka Anda bisa mengajukaknya dengan mudah. Ini penting jika Anda ingin menerapkan fungsi barcode secara resmi yang mengidentifikasi produk atau layanan Anda.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Template Blogspot di Wordpress

Nomor ISBN sendiri dapat diajukan melalui isbn.org. Disitus ini Anda bisa mengajukan nomor penerbit, kode isbn unik, dan beberapa detail lainnya. Namun jelas Anda memverifikasi bisnis atau produk Anda agar dapat menempatkan barcode tersebut kedalam buku atau kemasan produk secara resmi.

Demikian singkatnya mengenai cara membuat barcode secara online, apabila ada kurang jelas atau mungkin ada masukan. Silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah.