Salah satu jasa atau layanan yang saat ini cukup popular di social media adalah jasa edit foto background bergerak. Bisnis ini sudah cukup menggiurkan untuk beberapa kalangan editor handal diluar sana. Bahkan beberapa diantara mereka tidak ragu untuk mengeluarkan biaya promosi untuk memaksimalkan bisnis edit foto bergerak mereka tersebut.

Membuat background dari gambar atau foto agar bergerak selayaknya sebuah video atau gambar animasi memang cukup menarik. Selain membuat foto kita jauh lebih unik juga memberikan penampakan yang lebih indah dan natural.

Biasanya background yang menjadi objek bergerak adalah objek yang natural bergerak misalnya seperti air terjun, air laut, awan, api, dan sebagainya. Hal ini karena objek inilah yang membuat pergerakan gambar jauh lebih baik menarik.

Kemampuan mengedit gambar bergerak memang bukanlah hal yang baru, sebab hal ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Hanya saja media yang digunakan saat ini jauh lebih mudah dengan ketersediaan layanan dan program gratisan yang dapat kita gunakan.

Seseorang bahkan tidak perlu menginstall software, program atau aplikasi apapun itu untuk melakukan ini. Saat ini seseorang hanya perlu mengakses layanan gratisan edit foto bergerak melalui internet. Nah salah satu layanan yang memungkinkan Anda untuk melakukan ini adalah situs Plotagraph. Lebih detialnya tentang situs ini dan cara penggunaanya, bisa Anda lihat pada uraian dibawah.

Cara Mengedit Foto Background Bergerak Gratis Tanpa Software

Seperti yang diterangkan sebelumnya diatas, situs yang Anda butuhkan untuk melakukan editing ini disebut dengan plotagraph. Situs ini bisa langsung Anda akses melalui tautan berikut ini:

  • http://app.plotaverse.com/

Anda mungkin diminta untuk masuk sebagai akun pengguna terlebih dahulu. Maka dari itu silahkan Anda membuat akun terlebih dahulu dengan mengetuk menu pilihan “Create a Free Account”. Selanjutnya masuk dengan akun yang Anda buat tersebut.

Apabila Anda akan dihadapkan dilaman rekomdasi untuk download aplikasi, cukup ketuk pilihan “Continue With Browser”. Setelah masuk dihalam utama, ketuk menu ikon tanda positif + dalam lingkaran di tengah layar. Kemudian ketuk “Plotagraph”.

Anda akan dihadapkan ke menu pembuatan project pertama. Silahkan Anda lengkapi nama project editing Anda saat ini di kolom “Project Name”. Kemudian pilih gambar yang Anda inginkan dengan cara mengetuk menu pilihan “Choose Image” di tengah layar. Selanjutnya pilih “Create” untuk mulai melakukan editing.

Setelah berada dilaman editing, klik pilihan “Stabillizer” seperti pada gambar dibawah ini:

Kemudian buat batasan antara foto yang akan bergerak dan tetap. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini:

Selanjutnya klik “Animation point” untuk membuat arah pergerakan dari background foto. Anda bisa menentukan sendiri beberapa point letak pergerakan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kemudian ketuk tombol “Spasi” di keyboard computer Anda untuk melihat tampilan pratinjau gambar tersebut.

Apabila Anda sudah puas dengan hasil tersebut, silahkan ketuk “File” -> “Export as Custom Export” -> “Export” untuk menyimpannya di list akun Anda. Untuk mengunduhnya, arahkan ke “My Export”, kemudian ketuk download file yang Anda tuju dari daftar tersebut.