Ada banyak Game PC Komputer yang dapat dimainkan menggunakan keyboard dan Mouse. Namun beberapa game lainnya atau mungkin itu akan lebih nyaman ketika dimainkan menggunakan Joystick atau Gamepad.

Sama halnya pada game FIFA, PES, atau Grand Theft Auto yang dimana dari awal kemunculannya player lebih terbiasa menggunakan sebuah joystick untuk menggerakan permainan. Namun untuk game computer yang sejatinya tidak memiliki perangkat joystick bawaan dari pertama kali dibeli. Itu membuat kita merasa kurang nyaman memainkan gamenya.

Sebagian orang mungkin bersedia untuk mengeluarkan uang lebih dengan membeli perangkat joystick di toko komputer. Namun untuk orang yang hanya jarang bermain game di pc, akan terkesan pemborosan ketika hanya digunakan sekali atau beberapa kali saja. Kecuali orang itu memang benar-benar memiliki setumpuk harta.

Lalu bagaimana Alternatifnya ketika kita ingin bermain game di pc komputer namun tidak memiliki perangkat joystick?

Tenang saja, untungnya ada beberapa aplikasi keren ternama yang memungkinkan untuk mengubah perangkat Android menjadi joystick. Selama Anda memilkiki perangkat android, Anda bisa mengubah layar smartphone Anda menjadi tampilan dan fungsi tombol selayaknya gamepad atau joystick. Lebih detailnya dijelaskan dibawah ini:

Cara Menjadikan Android Sebagai GamePad PC Komputer

Dari sekian banyaknya aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah fungsi Android menjadi GamePad, berikut adalah 3 aplikasi android yang memiliki fungsi tersebut.

Mobile GamePad

Mobile Gamepad merupakan solusi sederhana ketika Anda ingin mengubah smartphone Android Anda menjadi sebuah joystick. Aplikasi ini terbilang sederhana dengan tampilan yang simple. Namun setidaknya ini sudah mewakili untuk melakukan fungsi sebagai joystick.

Anda hanya perlu mendownload aplikasi ini secara resmi melalui Google play Store, dan menginstallnya di perangkat smartphone Anda. Selain itu Anda juga perlu menginstall program server yang harus dijalankan di pc komputer untuk membuat smartphone dapat berfungsi semestinya. Link Unduhnya sebagai berikut:

  • Aplikasi Android: https://woiden.com/go/NbFit2
  • Server PC: http://slideme.org/application/mobile-gamepad

Kelebihan dari aplikasi ini diantaranya memungkinkan perangkat smartphone menggunakan fitur sensor dari smartphone seperti sensor gyroscope dan accelerometer. Fitur sensor ini sangat berguna ketika Anda ingin memainkan game balap yang membutuhkan rotasi atau gerakan dari smartphone.

DroidPad: PC Joystick & Mouse

DroidPad mirip dengan Mobile Gamepad dalam banyak hal namun aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan memiliki pengguna yang cukup banyak. Ini menguntungkan ketika Anda ingin mencari tau informasi mengenai aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki 8 layout joystick yang dapat Anda gunakan untuk mengubah tampilan gamepad yang ada dilayar smartphone Anda. Ini baik, sebab beberapa ukuran tangan seserang itu beragam, sehingga letak posisi penekanan bisa saja tidak nyaman dirasa. Inilah kelebihan dari adanya 8 layout yang disediakan.

Instalasi aplikasinya juga hampir sama dengna Mobile GamePad. Anda perlu menginstall aplikasi di smartphone Android dan menginstall program server di PC Komputer. Kedua perangkat dapat dihubungkan menggunakan jaringan wifi yang sama atau menggunakan port kabel data USB. Aplikasi dan server Droidpad dapat diunduh melalui tautan resmi berikut ini:

  • https://www.digitalsquid.co.uk/droidpad/

Ultimate Gamepad

Ultimate Gamepad bisa menjadi solusi terakhir untuk Anda ketika Anda ingin mencoba menggunakan Android sebagai joystick untuk game PC. Aplikasi cukup baik dengan tampilan fitur yang sudah memenuhi kebutuhan fungsi joystick sewajarnya.

Namun tidak ada pilihan atau fungsional tweak tambahan yang dapat Anda pilih untuk menyesuaikan penggunaan aplikasi joystick ini. Anda hanya bisa menggunakan langsung sebagai joystick atau gamepad di pc komputer. Untuk menghubungkan kedu perangkat Anda perlu membutuhkan koneksi Bluetooth atau Wi-Fi dari kedua perangkat.

Download Ultimate Gamepad: https://woiden.com/go/6Fsj4G

Dari sisi layout, aplikasi ini terlihat seperti joystick yang ada pada Playstation 1, namun tidak ada analog, yang ada hanya d-pad. Selain itu Anda perlu konektivitas yang sabil dan responsive. Mengingat aplikasi ini membutuhkan jangkauan jaringan jarak jauh, tidak melalui port kabel data usb.

Itulah ketiga aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengubah Android Anda sementara mejadi joystick atau gamepad di pc komputer. Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak itu melalui kolom yang tersedia.