Anda mungkin memiliki smartphone Android dan PC Komputer Windows dengan Chipset intel. Jika itu yang Anda miliki, maka beruntunglah Anda. Sebab Intel telah mengeluarkan aplikasi yang memungkinkan mengubah Android Anda menjadi Keyboard atau Mouse untuk Komputer PC Anda.

Aplikasi yang mereka rilis disebut dengan Intel Remote Keyboard. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengontrol keyboard atau mouse pc windows Anda dari smartphone atau tablet Android yang Anda miliki.

Ini tentu sangat bermanfaat sebagai pengganti sementara apabila Keyboard atau mouse di komputer atau latop Anda sedang mengalami kerusakan. Sehingga sembari mencari penggantinya, Anda bisa menggunakan Android Anda. Lebih jelasnya mengenai penerapan dan langkah-langkahnya diuraikan dibawah ini:

Cara Menggunakan Intel Remote Keyboard (Windows)

Jika Anda menggunakan komputer atau laptop berbasis Chipset Intel. Maka Anda akan sedikitnya terbantu dengan kehadiran aplikasi Remote Keyboard Intel saat keyboard dan mouse fisik pc Anda sedang mengalami kerusakan.

Cara Mengatur Intel Remote Keyboard

  1. Download Intel Remote Keyboard (https://woiden.com/go/CXJAFK )di Android Anda.
  2. Download dan instal Intel Remote Keyboard Host (https://woiden.com/go/nIpqQA) di PC Windows Anda. Anda dapat memilih x86 atau x64 tergantung pada perangkat Windows Anda.
  3. Jika Anda tidak mengetahui dengan bit processor berapa yang digunakan di komputer Anda, maka baca artikel woiden berikut: https://woiden.com/cara-melihat-spesifikasi-komputer-pc-windows-sendiri/
  4. Pastikan perangkat Android dan Windows Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.
  5. Jalankan aplikasinya di Android Anda, kemudian ketuk nama perangkat Windows Anda dari daftar yang tampil.
  6. PC Windows Anda akan menampilkan QR Code atau Barcode. Cukup scan atau arahkan kamera Android Anda ke barcode atau QR Code yang ditampilkan di Komputer Windows Anda.
  7. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke tampilkan keyboard intel. Nah dari layar inilah Anda bisa mengontrol PC Windows Anda. Termasuk mengetik dan menggerakan mouse PC dari Android.

Aplikasi ini mungkin tergolong sederhana, sebab aplikasi ini hanya memungkinkan Anda menggunakan tampilan keyboard dan mouse aplikasi intel bawaan. Kekuranganya Aplikasi keyboard dan mouse intel ini tidak terdapat fitur tambahan seperti copy paste, emoji, atau apapun itu seperti di keyboard Android Anda.

Jadi dari aplikasi keyboard ini, Anda hanya bisa mengetik dan menggerakan mouse komputer Anda dari jarak jauh. Namun menurut woiden sendiri ini sudah sangat memenuhi kebutuhan seseorang yang ingin menggunakan androidnya sebagai kontroler pc windowsnya.

Cara Menggunakan Remote Mouse (Windows/Mac OS/Linux)

Ada satu alternatif terbaik yang bisa Anda gunakan hampir disemua pc, bahkan komputer atau laptop yang bukan menggunakan chipset intel sekalipun bisa menggunakan aplikasi ini, termasuk perangkat Macintosh dan iOS dari Apple. Namun sayangnya aplikasi ini memiliki tampilan iklan yang cukup mengganggu menurut woiden.

Iklan ini tampil tepat di atas layar trackpad mouse dari aplikasi. Tapi mungkin sebagian orang tidak begitu memikirkan hal ini. Sebab fitur yang ditawarkan jauh lebih baik dibanding Intel Remote Keyboard.

Adapun beberapa kelebihan fitur dan fungsi keren yang ditawarkan oleh Remote Mouse yang tidak bisa dilakukan di Intel Remote Keyboard, yaitu sebagai berikut:

  • Dapat menggunakan Keyboard bawaan Smartphone atau Tablet. Termasuk aplikasi keyboard unduhan seperti Swype atau Swiftkey.
  • Aplikasi akan otomatis berjalan selayaknya aplikasi built-in atau bawaan perangkat.
  • Memiliki fitur shut down/sleep/restart/logout. Ini penting ketika Anda ingin menutup aplikasi di Android pada waktu atau jam tertentu.
  • Mendukung voice recognition atau pemindai suara selayaknya Google Now atau Siri.
  • Mendukung jaringan 3G

Silahkan unduh aplikasi Remote untuk smartphone Android atau iPhone dan Software Server untuk komputer Windows, Mac, dan Linux melalui tautan berikut ini:

  • http://www.remotemouse.net

Aplikasi remot mouse ini bahkan memiliki segudang fitur keren, namun sayangnya lagi fitur ini terbatas atau hanya tersedia bagi pengguna yang membeli aplikasi versi premium. Untuk memungkinkan Anda dapat menggunakan fitur ini, maka Anda harus membelinya dengan biaya $1.99

Remote Mouse sebenarnya memiliki beberapa fitur hebat yang tersembunyi, seperti dukungan Remote iTunes, PowerPoint, Windows Media Player, Spotify, Remote Web Browser, dan banyak lagi fitur berbayar lainnya. Namun biayanya terbilang cukup menguras untuk kantong untuk orang susah seperti woiden yang dimana biayanya sekitar $1.99 hingga $12, tergantung fitur apa yang ingin Anda beli.

Kesimpulan

Dalam artikel ini hanya dijelaskan dua aplikasi yang paling populer dan paling terbaik dari segi pengalaman penggunaan beberapa user lainnya. Diluar itu ada banyak aplikasi dan software yang menerapkan fungsional serupa.

Selebihnya jika ada poin atau kalimat yang kurang dimengerti atau mungkina ada yang ingin dikoreksi terhadap penulisan atau materi artikel ini. Silahkan berpendapat melalui kolom komentar yang tersedia.