Cara Memberikan Password File PDF

Diposting pada

PDF adalah salah satu dokumen digital efektif yang sering digunakan oleh beberapa orang untuk saling berbagai atau mendistribusikan file dokumen digital yang mudah untuk diakses dan ditampilkan. Tidak heran mengapa berbagai distribusi dokumen digital seperti tiket, berkas laporan, curiculum vitae, dan beberapa dokumen lainnya itu biasanya cenderung menggunakan format PDF sebagai format yang digunakan untuk transfer file digital.

Nah mengingat bahwa file pdf begitu sering digunakan, bahkan tidak jarang file dokumen kita bisa tercecer ke berbagai situs yang mungkin tidak kita inginkan. Terlebih jika file dokumen yang kita miliki itu berisikan data-data penting yang tidak memungkinkan untuk diakses ataupun dilihat oleh orang-orang tidak berwenang. Maka dari itu, salah satu cara paling terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membatasi aksebilitas dari file pdf Anda adalah dengan menambahkan kata sandi atau password pada file dokumen yang Anda miliki.

Cara ini sudah banyak diterapkan oleh pengguna yang khawatir akan filenya dibagikan di situs download dokumen ternama seperti Scribd, Academia Edu, Sci-hub dan lainnya. Maka dari itu Anda bisa mencoba menerapkan seperti langkah yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Menambahkan Kata Sandi File PDF

Metode paling umum yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan password ke file pdf adalah dengan menggunakan aplikasi resmi dari Adobe Acrobat DC. Software ini dapat anda unduh secara gratis melalui tautan website resmi mereka, tahapanya sebagai berikut:

Langkah 1: Download Adobe Acrobat DC

Aplikasi ini bisa Anda download gratis dengan masa pemakaian terbatas hingga beberapa hari saja. Namun ini bukanlah masalah besar ketika Anda hanya ingin menggunakan fungsi penambahan password beberapa kali saja. Aplikasi ini bisa Anda download melalui link dibawah:

  • https://acrobat.adobe.com/us/en/free-trial-download.html

Apabila Anda ingin mendatkan versi lengkap secara gratis, Anda bisa mencari di berbagai situs internet yang memberikan file ini versi crack atau premium gratis, seperti situs rekan giggapubalingga.com, bagas31.com, jalantikus.com, dan beberapa situs lainnya.

BACA JUGA  Cara Membuka File PSD Tanpa Adobe Photoshop

Langkah 2: Jalankan Adobe Acrobat DC

Setelah Anda menginstall aplikasi ini di komputer Anda, maka cukup jalankan programnya. Kemudian buka file pdf yang Anda tuju, dengan membuka menu “File” -> “Open” dari sudut atas jendeal program ini.

Langkah 3: Menambahkan Password Ke PDF

Sebelum anda bisa menambahkan password atau kata sandi ke file pdf, Anda harus membuka fungsi keamanan dari program. Caranya arahkan ke “File” -> “Properties…” -> “Security”.

Nah barulah setelah itu Anda akan melihat jendela popup yang tampil. Pada jendela ini, pilih “Password Security” dari menu dropdown “Security Method”.

Kemudian cukup memasukan password yang Anda inginkan untuk file Anda. Anda juga harus mencentang kotak di samping menu yang bertuliskan “Require a password to open the document” agar file hanya bisa dibuka ketika password dimasukkan.

Membatasi Fungsi Edit dan Print di PDF Dengan Password

Selain itu, Anda bisa menerapkan agar file Anda juga tidak dapat diedit tanpa memasukan password, caranya dengan mencentang menu “Change Settings” dari menu “Security” seperti langkah diatas, kemudian memilih menu yang bertuliskan “Restrict editing and printing….”, dan masukan password yang Anda inginkan di menu “Change permission password”,

Memberikan Password File PDF Dengan PDFMate (Alternatif)

Cara alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan password di file pdf adalah dengan menggunakan software PDFMate. Program ini terbilang lebih ringan atau enteng dibanding Adobe Acrobat, dan program ini juga bisa Anda unduh seara gratis melalui tautan dibawah ini:

  • http://www.pdfmate.com/free-pdf-merger.html

Sedangkan untuk menambahkan password ke file pdf yang Anda tuju, cukup arahkan sesuai langkah berikut:

  1. Install dan Jalankan PDFMate
  2. Tambahkan File dengan menekan tombol “Add Files”.
  3. Centng menu “Open Password” dan “Permissiona Password”.
  4. Masukan Password yang Anda inginkan.
  5. Tekan tombol “Build” untuk menerapkan password.
BACA JUGA  Cara Mengganti Warna Taskbar dan Start Menu di Windows 10

Itulah singkatnya mengenai artikel yang menjelangkan bagaimana cara memberika password pada file pdf dengan mudah secara gratis. Selebihnya jika ada tambahan atau mungkin ada yang dipahamai dalam penulisan artikel diatas, maka silahkan untuk meninggalkan jejak komentar dibawah ini.