Selain handphone itu sendiri sebagai unit utama dari iphone, juga aksesoris pendukung seperti Kabel dan Adaptor cas memiliki peran penting. Tanpa charger, tentu perangkat tidak akan dapat diisi ulang daya ketika sisa daya listrik yang tersimpan di baterai tidak lagi tersisa.

Iphone sebagai perangkat kelas premium (konon), juga berimpack pada semua aksesoris original yang mendukung. Dalam hal ini memengerahui dari harga barang tersebut. Di toko resmi Apple sendiri seperti iBox, harga charger port lightning biasa mencapai 700 ribuan.

Cukup mahal memang, namun tentu kualitas tidak akan menghianati. Sayangnya tidak semua mungkin dari pengguna iphone yang berpikiran untuk membeli aksesoris charger perangkat mereka di toko resmi ketika telah rusak atau hilang.

Terlebih banyaknya alternatif diluar sana yang menjual charger label original dengan harga relatif jauh lebih murah.

Tidak cukup disitu, label hanya sekedar label. Seringkali charger yang diklaim original oleh penjual, nyatanya palsu atau kw. Maka bisa membeli charger murah nan original bukanlah hal yang sangat mudah, terlebih jika kita masih awam untuk membedakan mana yang benar-benar original dan kw.

Nah untuk itu pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa poin yang bisa membantu Anda untuk menemukan perbedaan detail mengenai charger iphone original dan kw. Lebih jelasnya simak poin berikut ini:

Bobot yang lebih berat (tidak kopong)

Poin yang sangat-sangat paling umum ketika seseorang ingin membedakan adaptor iphone original adalah dengan meraba atau meninmbang langsung berat dari adaptor tersebut.

Adaptor original memang memiliki bobot yang lebih berat. Maka cobalah untuk membandingkan berat adaptor Anda. Lebih baik jika Anda memiliki Adaptor kw sebagai pembandingnya.

Selain itu Anda bisa mengetuk atau mengetok body Adaptor charger iphone Anda. Adaptor original lebih padat dibanding charger kw yang jika diketok lebih terdengar kopong tanpa isi.

Nomor seri dalam lubang usb

Cara lain yang bisa Anda simak adalah nomor seri yang terlerak di dalam rongga usb adaptor. Cobalah untuk mengintip kedalam lubang usb charger Anda apakah tertera nomor seri tersebut atau tidak.

Meskipun saat ini memang adaptor kw-pun sudah mulai menyertakan nomor seri pada produksi mereka. Maka dari itu tentunya adaptor original wajib tertera nomor seri.

Rongga pada sisi kanan kiri usb

Ada satu yang paling unik dari kepala cas iphone yang original dan kw. Pada kenyatannya charger original meiliki rongga atau lubang di kanan kiri lubang usb seperti gambar dibawah ini.

Sedangkan untuk kepala cas kw, tidak memiliki rongga disisi kanan kiri lubang usbnya.

Kaki Steker Adaptor Tidak Mudah Ditekuk

Kepala cas iphone memang terbilang beragam. Ada yang memiliki kaki tiga, ada yang kaki dua bulat, dan adapupa kaki dua dengan gepeng.

Semuanya memiliki daya output yang sama yakni 5 Volt, 1 Ampere untuk perangkat iphone dan ipod. Jadi pastikan bahwa di fisik body adaptor tertera arus output yang sama.

Selain itu yang paling penting dari charger original adalah charger ori didesain dengan kokoh. Sehingga termasuk kaki-kaki dari kepala cas akan sangat sulit untuk ditekuk masuk. Ketika kaki dari cas Anda sangat mudah membengkok, maka patut Anda teliti lebih detail.

Posisi Lubang USB dan Logo Sesuai

Produk charger kw saat ini memang hampir sama persis, termasuk posisi dan penempatan label yang tertulis. Hanya saja ada beberapa produk kw yang benar-benar menampakan kwnya. Dimana kepala cas kw menempatkan posisi yang salah.

Perhatikan posisi lubang usb dan label tulisan di adaptor cas Anda. Untuk kepala cas yang original memiliki posisi kuningan lubang usb berada dibawah dengan posisi label tulisan apple tidak terbalik (bagian kaki adaptor). Sedangkan untuk kepala cas kw, memiliki posisi kuningan usb diatas, dan tentu jika dibalik, maka label tulisan akan terbalik. Sehingga memang terlihat perbedaan tersebut.

Finishing lebih rapi

Satu poin akhir yang paling penting lainnya adalah finishing atau kepala cas yang lebih rapi. Jika kepala cas Anda terlihat produksinya tidak rapih dimana ada bagian2 yang tidak rata atau tidak presisi. Maka patut Anda curigai.

Charger original diproduksi dengan standarisi apple sehingga kualitasnya dan produksinya dijaga dengan baik sebelum didistribusikan.

Kesimpulan

Pada dasarnya tidak ada cara akurat yang dapat membedakan charger original apple tanpa membongkar langsung dan menguji partnya dengan alat bantu.

Namun tentu itu sama saja merusak charger, mengingat charger tidak didesain untuk dapat diperbaiki, melainkan diganti setelah rusak. Terlihat bahwa tidak adanya baut-baut yang menyerta di body charger.