Kabel data yang digunakan untuk charger iphone memang memiliki peran yang sangat penting. Tidak hanya sekedar mengisi daya, kualitas dari kabel cas yang digunakan juga memiliki peran penting dalam penggunaan jangka panjang perangkat iphone.

Adaptor dan kabel memiliki peran yang sama untuk penunjang sumber daya iphone maka pilihlah yang benar-benar tepat untuk penggunaan aman di iphone Anda. Paling tidak menggunakan kabel data dengan sertifikat Apple MFI.

Iphone terbilang memiliki sensitivitas yang tinggi untuk penggunaan perangkat atau aksesoris pendukung yang bukan dari kualitas produksi apple, atau kata lain bukan original. Seringkali ketika kita mengesampingkan untuk menggunakan aksesoris original, karena mungkin anggapan bahwa memiliki fungsi yang sama.

Namun pada kenyataannya, untuk jangka panjang justru penggunaan aksesoris non original apple sangat tidak disarankan. Ada banyak hal yang dapat terjadi pada perangkat iphone ketika menggunakan aksesoris non original. Misalnya kerusakan pada ic charger yang berakibat iphone tidak dapat disi daya atau daya tetap menurun meskipun dihubungkan dengan sumber daya listrik.

Tentu jika perangkat iphone sudah mengalami kerusakan pada ic, biasanya mau tidak mau Anda harus merogoh koceh yang dalam untuk memperbaikinya. Syukur jika bagian tersebut dapat diatasi. Pada beberapa kasus, kerusakan berat seperti ic power yang berdampak pada bagian logicboard lainnya, membuat perangkat tidak dapat diselamatkan lagi.

Nah maka dari itu penting untuk Anda mengenal lebih jauh bagaimana perbedaan kabel data usb port lighting original dari apple dengan produksi kw atau non original.

Diameter kabel lebih tebal

Perbedaan pertama yang bisa Anda amati dari ketebalan kabel data tersebut. Kabel data iphone original cenderung lebih tebal dari kw. Hal ini karena kabel data apple original dilapisi oleh lapisan kedua luar terakhir berbahan tembaga.

Lapisan inilah yang membuat kabel apple original lebih tebal dari produksi kw. Selain itu dengan lapisan ini jugalah yang membuat kabel lebih cenderung sulit untuk ditekuk melipat, dimana kabel original cenderung lurus tegak, meskipun di tekuk melipat.

Ujung kabel berwarna abu-abu

Hal kedua yang bisa Anda amati dari perbedaan kabel charger original apple adalah warna dari bagian ujung port lighting yang disambung ke iphone.

Kabel original apple, memiliki warna ke abu-abuan. Sedangkan kabel iphone kw, biasanya berwarna putih.

Nomor seri pada badan kabel

Untuk yang satu ini memang agan sulit dijadikan patokan, sebab produksi kw saat inipun sudah mulai mencantumkan nomor seri pada lapisan luar kabel. Sehingga cukup sulit untuk menetukan.

Namun jika kabel data iphone Anda original, sudah pasti tertera 12 digit nomor seri terlampir pada lapisan kabel charger iphone Anda dengan awalan “Designed by Apple in California” atau “ Assembeled in China”.

Kepala Kabel Oval Tanpan Skat

Beberapa kabel iphone kw di produksi asal-asalan bahkan untuk bagian kepala saja biasanya mereka memproduksi tidak serupa.

Bagian kepala cas apple iphone, berbentuk oval tanpa skat atau sambungan kiri kaman di ujung kabel dengan finishing yang rapi.

Selain itu kuningan dari kabel original juga berbentuk oval. Sedangkan kabel iphone kw pada umumnya berbentuk persegi panjang.

Interlock Bagian Kepala USB Berbentuk Segitiga.

Pada bagian kepala ujung usb, cobalah lihat pada bagian interlock. Atau bagian kunci dari besi usb seperti gamba dibawah ini.

Pada kabel usb original, cenderung memiliki garis segitiga menjulang kedalam. Sedangkan pada kabel iphone kw pada umumnya, berbentuk kotak menyerupai kabel usb biasa.

Mungkin itu saja beberapa perbedaan yang dapat Anda temukan pada kabel data original apple iphone. Selebihnya Anda bisa menilai sendiri sejauh mana kerapihan finishing dari kabel data Anda. Semakin rapi maka, semakin memungkinkan bahwa kabel tersebut original. Meskipun ini bukanlah patokan utamanya.