Selain berbagi gambar dan video dalam aplikasi instagram, Anda juga dapat melakukan percakapan atau chat pribadi dengan teman Anda melalui fitur Direct Messages atau biasanya disebut dengan DM. Selayaknya aplikasi pesan lainnya, Instagram juga telah menerapkan indikator pesan terbaca dalam fitur DM tersebut yang ditandai dengan teks “Seen”.

Selayaknya aplikasi media social lainnya seperti Whatsapp, facebook, line messenger dan sebagainya. Dimana tidak ada cara langsung atau resmi yang dapat menonaktifkan tanda pesan telah terbaca atau belum. Sehingga ini membuat Anda tidak bisa bermain-main untuk mencoba melirik pesan yang dikirimkan teman Anda secara diam-diam.

Namun untungnya ada jalan keluar, dimana Anda bisa membaca semua dm di instagram Anda secara diam-diam tanpa memberitahu teman Anda bahwa Anda telah membacanya. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, cara pertama Anda bahkan tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun, hanya saja langkahnya cukup merepotkan. Cara ini khusus untuk Anda lakukan sesekali disaat Anda situasi tertentu dan hanya untuk keperluan penting mungkin.

Sedangkan untuk cara kedua, Anda membutuhkan aplikasi tambahan yang perlu Anda gunakan di smartphone Anda. Dengan kata lain bahwa Anda perlu mengganti aplikasi instagram resmi yang Anda gunakan saat ini dengan aplikasi yang woiden sarankan agar bisa membaca pesan dm tanpa ketahuan. Kedua cara ini dijelaskan secara detail pada uraian dibawah ini:

Cara Membaca Pesan DM Instagram Teman Tanpa Ketahuan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa secara resmi Anda tidak bisa menonaktifkan tanda baca “Seen” yang menandakan bahwa Anda telah membaca Direct Message teman Anda. Namun Anda bisa mengakalinya.  Seperti langkah berikut ini:

Buka daftar/jendela Direct Message dalam aplikasi smartphone Anda. Namun jangan membuka tab chat terlebih dahulu. Anda hanya perlu mengalihkan ke tab dm saja. Setelah berada di Jendela DM akun Anda, silahkan matikan data internet Anda atau alihkan ke Mode Pesawat/Airplane Mode. Anda dapat mengalihkan mode pesawat secara pintas melalui control center yang bisa Anda gulir dari atas atau bawah layar smartphone Anda.

Saat berada di mode pesawat, silahkan Anda buka jendela DM/Pesan yang Anda ingin baca. Anda bisa membaca semua DM yang masuk di akun instagram Anda. Namun setelah Anda puas untuk membaca semua DM di instagram Anda. Jangan terburu-buru untuk mengaktifkan data internet Anda kembali.

Setelah membaca semua pesan dm yang masuk, Anda harus logout atau mengeluarkan akun instagram Anda bahkan dalam kedaan smartphone Anda masih Airplane Mode/Mode Pesawat. Maka pastikan smartphone Anda masih tidak terhubung internet setelah Anda logout dari akun Anda.

Hal ini agar membuat aplikasi tidak langsung mengirimkan indikator pesan terbaca saat konektivitas internet kembali pulih. Anda tetap dapat logout dalam keadaan smartphone Anda tidak terhubung internet. Jadi jangan tanyakan lagi di kolom komentar. Hanya saja mungkin waktunya cukup lama dari biasanya.

Setelah logout, Anda bisa menonaktifkanya mode pesawat di smartphone Anda, dan mengaktifkan kembali data internet di smartphone Anda. Kemudian masuk kembali ke akun instagram Anda. Anda mungkin akan tetap melihat pesan di dm Anda yang ditandai dengan huruf tebal yang berarti Anda belum membacanya.

Cara ini juga berlaku untuk perangkat smartphone Android maupun iOS iPhone atau iPad. Apabila cara ini kurang dari apa yang Anda harapkan. Mungkin cara ini terlalu merepotkan bagi Anda. Maka Anda bisa menggunakan alternatif aplikasi seperti Instagram Plus pada Android atau Instagram Rocket pada iOS iPhone.

Cara Membaca Pesan DM Instagram Tanpa Diketahui (Alternatif Aplikasi)

Ssebagai alternatif Anda bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga seperti instagram plus atau instagram rocket sangat berguna jika Anda ingin membaca dm secara diam-diam untuk waktu yang cukup sering.

Mungkin Anda adalah seorang mata-mata yang tidak ingin diketahui keberadaannya atau mungkin Anda ingin terlihat sibuk dan sombong. Maka aplikasi ini cocok untuk Anda gunakan untuk waktu yang cukup sering. Silahkan download melalui tautan berikut ini:

Instagram Plus (Android): https://woiden.com/go/eckWH1
Instagram Rocket (iPhone): https://woiden.com/go/HI08nh

Khusus untuk Instalasi instagram rocket dan Instagram plus. Dikarenakan kedua aplikasi ini tidak resmi tersedia di App Store dan Google Play Store. Maka Anda perlu menginstallnya dari luar dengan mengunduhnya. Lebih rinci cara instalasinya, bisa Anda lihat pada artikel woiden berikut ini:

Fitur membaca pesan tanpa ketahuan tidak aktif secara default atau bawaan. Maka Anda perlu mengaktifkanya terlebih dahulu melalui settings atau pengaturan dalam aplikasi instagram modifikasi tersebut.

Mungkin demikian penyampaian dari uraian diatas. Apabila ada yang kurang dipahami, dengan senang hati silahkan tinggalkan melalui komentar dibawah dengan sopan dan santun diutamakan.