Aplikasi whatsapp tidak memiliki fungsi anonim yang intens untuk membuat penggunanya mendapatkan pengalaman privasi lebih dalam. Satu satu fungsi privasi yang cukup bermanfaat dari whatsapp adalah fungsi “Read Receipts” yang dapat diaktifkan dari setelan privacy aplikasi itu sendiri.

Terkhusus untuk iphone Anda bisa mengarah ke “Settings” -> “Account” -> “Privacy”, Kemudian menghilangkan centang “Read Receipts” seperti gambar dibawah ini:

Beberapa orang merasa sudah cukup dengan fitur ini. Sayangnya tidak semua beranggapan sama. Termasuk woiden sendiri, dimana ada beberapa fungsi privacy yang benar-benar masih diinginkan. Salah satunya fungsi yang memungkinkan untuk menghilangkan atau menyembunyikan indikator centang dua atau status pesan terkirim.

Harapannya seseorang yang mengirimkan pesan chat ke whatsapp kita, mereka tidak mengetahui bahwa pesan chat mereka telah kita terima. Dimana aplikasi mereka hanya menampilkan centang satu saja. Meskipun nyatanya chat mereka telah kita terima.

Nah untuk mendapatkan fungsi ini, cukup mudah didapatkan melalui aplikas modfikasi. Sayangnya iOS iPhone memiliki langkah yang berbeda dari Android untuk menginstall aplikasi modifikasi di smartphone kita.

Jika pada Android, Anda hanya perlu mengaktifkan Unknown Source dari setelan, kemudian meginstall file aplikasi  berformat apk. Maka di iOS, Anda memerlukan langkah mudah yang dapat langsung Anda install melalui situs publisher yang menyediakan.

Salah satu aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menonaktifkan fitur centang dua di iPhone adalah aplikasi yang disebut dengan WhatsApp Plus++. Aplikasi tersedia secara gratis di beberapa situs publisher aplikasi vip. Salah satunya adalah situs iosninja. Situs ini merupakan situs publisher sekaligus pengembang aplikasi ternama untuk iOS dan beberapa perangkat lainnya.

Hebatnya dari aplikasi ini adalah Anda tidak perlu melakukan jailbreak atau tweak apapun. Yang Anda perlukan hanya mengizinkan penggunaanya dari jendela settings iphone. Lebih detail tetap cara menggunakannya bisa Anda simak pada langkah dibawah ini:

Cara Install WhatsApp++ Di iOS iPhone

Seperti yang dijelaskan pada penjelasan diatas, bahwa salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah WhatsApp++. Aplikasi ini bisa Anda install langsung dari situs dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/UYGg0p

Anda sebaiknya mengakses situs diatas melalui perangkat Safari iPhone Anda untuk langsung melakukan instalasi. Setelah berada di laman diatas, gulir kebawah lalu ketuk tombol “Tap to install on Device” seperti pada gambar dibawah ini:

Anda juga bisa mengetuk link di Alternative, jika situs tidak merespon apapun. Sebuah jendela popup konfirmasi akan muncul ditengah layar smartphone Anda. Cukup ketuk “Install” untuk mulai mengunduh aplikasinya.

Kemudian gulir ke layar homescreen atau daftar aplikasi, tepatnya di slide terakhir. Lihat ikon progress unduhan aplikasi. Apabila masih status Waiting. Maka ketuk sekali ikon progress aplikasi tersebut, kemudian status akan berubah menjadi “Loading”. Setelah itu, Anda cukup menunggu hingga aplikasi selesai terunduh.

Setelah aplikasi terinstall, arahkan ke menu setelan “Settings” -> “General” -> “Profile (Device Management atau Profiles & Device Management”). Kemudian cari profile aplikasi whatsapp++ yang telah terinstall. Kemudian ketuk tombol “Trust” untuk memberikan akses aplikasi”.

Selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan aplikasinya. Anda cukup buka aplikasi whatsapp++ seperti biasa. Ansa mungkin perlu menautkan nomor telepon Anda saat pertama kali menjalankan aplikasinya.

Setelah semuanya selesai. Anda bisa menggunakan aplikasi whatsapp++, seperti Anda menggunakan aplikasi whatsapp seperti biasa. Ada beberapa fitur keren tersedia yang tidak terdapat dalam aplikasi resmi. Seperti fitur untuk menonaktifkan centang dua atau indikator pesan diterima, mengubah warna teks, mengirim media tanpa batas ukuran, dan banyak lagi. Untuk melihat fitur ini, Anda bisa mengarahkan ke “Settings”.

Kekurangan dari aplikasi ini hanya satu menurut woiden, yakni banyaknya iklan yang ditampilkan dalam aplikasi. Bahkan terkadang iklan yang ditampilkan penuh layar dengan durasi 5 detik. Namun Anda bisa mengatasinya dengan membeli lisensi untuk menghilangkan iklan dalam aplikasi sebesar $2.0 atau sekitar Rp 29.000 untuk selamanya.