Cara Mematikan Fungsi Java Script di Safari Web Browser

Diposting pada

Safari web browser merupakan salah satu web browser populer yang diciptakan dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi Apple Inc. Awalnya web browser ini hanya ditujukan khusus untuk perangkat dengan sistem operasi Mac OS. Namun seiring pengembangan perangkat Apple yang begitu meluas. Maka Safari Web Browser juga bisa didapatkan disemua perangkat besutan Apple seperti iOS di iPhone, iPad atau iPod.

Safari ini juga termasuk salah satu web browser bawaan perangkat Apple yang memiliki fungsi akses internet yang cepat. Tidak hanya itu, web browser ini memiliki berbagai fitur bawaan yang memungkinkan untuk melakukan banyak penyesuaian setelan untuk setiap pengguna, misalnya menonaktifkan popup, melihat riwayat akses, tampilan yang sederhana, dukungan animasi css, html, dsb, dan banyak lagi.

Termasuk salah saatu fitur yang akan dijelaskan pada artikel kali ini, yaitu tidak lain adalah fitur Java Script. Java script merupakan salah satu peranan penting dalam sebuah struktur website. Java script atau biasanya disingkat dengan JS itu memiliki banyak fungsional untuk sebuah website, termasuk fungsi tindakan yang dilakukan oleh pengguna, misalnya menekan tombol, fungsi website, dukungan tampilan, dan banyak lainnya.

Namun terkadang java script di salah satu website digunakan untuk fungsi ajang promosi dengan auto klik iklan yang sangat mengganggu ataupun untuk fungsi memblokir copy paste. Ada banyak fungsi js yang bermanfaat untuk digunakan di sebuah halaman statis website.

Tapi kembali lagi, setiap pengunjung ada dari mereka yang tidak senang dengan fungsi ini ketika mereka mengakses. Maka dari itu, fungsi java script bisa digunakan dan tidak untuk digunakan secara bebas untuk setiap pengguna, terkhusus pada safari web browser Anda bisa mengikuti langkah yang diterangkat dibawah ini:

BACA JUGA  Cara Mengubah File HTML Menjadi PDF

Cara Menonaktifkan Java Script JS di Safari Web Browser Mac OS

Untuk perangkat Safari Web browser di Macbook atau iMac, Anda bisa menonaktifkan fungsi javascript dengan mudah. Hanya dengan mengkases menu Preferensi caranya sebagai berikut:

  1. Buka Safari Web Browser Anda.
  2. Ketuk menu bertuliskan “Safari” di toolbar bagian atas jendela browser tersebut.
  3. Dari menu drop-down yang tersedia, pilih “Preferences”.
  4. Ketuk tab “Security”
  5. Pilih “Web Content”
  6. Hilangkan Centang pada menu “JavaScript”.

Apabila Anda kesulitan membuka menu preferences di browser safari Anda. Anda juga bisa mengakses dengan tombol pintas dengan menekan tombol berikut di keyboard perangkat Anda:

  • Command ⌘ + Tanda Baca (,)

Cara Menonaktifkan Java Script JS di Safari Web Browser iOS (iPhone, iPad, iPod)

Sedangkan untuk perangkat iOS seperti iPhone, iPad, atau iPod Touch sebagainya. Anda bisa menonaktifkan fungsi Java Script dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Buka menu “Setelan” atau “Settings”.
  2. Kemudian scroll atau gulir kebawah sampai Anda menemukan menu “Safari”.
  3. Setelah berada di menu safari, ketuk “Advanced”.
  4. Nah dari sini, Anda akan meliahat menu JavaScript. Hilangkan centang hijau pada menu “JavaScript” untuk menonaktifkan fungsi JS di browser Anda.

Demikian singaktnya mengenai cara menonaktifkan atau mematikan fungsi JS (JavaScript) di Mac OS dan iOS iPhone atau iPad dengan sangat mudah dan cepat. Apabila Anda yang masih perlu dipertanyakan, silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah.