Salah satu yang paling menyenangkan menurut woiden selama menggunakan perangkat Android adalah kemampuannya untuk melakukan beberapa tweaks atau hal yang dibutuhkan hanya dengan beberapa cara bahkan kebutuhan itu biasanya tersedia sejak dari bawaan Operating System.

Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan perangkat Android dapat nonaktif/power off atau mati dan menyala atau aktifkan secara otomatis hanya dengan mengatur jadwal atau waktu yang kita inginkan.

Fitur seperti ini benar-benar membatu bagi pengguna Android yang ingin membuat perangkatnya memiliki waktu istirahat berkala. Tentu ini adalah fitur yang baik, mengingat bahwa menonaktifkan ponsel secara berkala tiap harinya akan membuat usia penggunaan perangkat jauh lebih lama.

Cara Membuat Android Power ON/OFF Otomatis Sesuai Jadwal Waktu

Lalu, bagaimana cara membuat smartphone atau tablet Android kita itu dapat aktif dan nonaktifk sesuai waktu yang kita inginkan?

Berikut adalah 2 cara umum yang dapat Anda lakukan untuk mengatur jadwal atau waktu untuk menonaktifkan dan mengaktifkan smartphone Android secara otomatis.

Cara Membuat Android Aktif dan Nonaktif Otomatis Via Setelan (Built-in)

Beberapa perangkat seperti smartphone atau tablet dengan merek tertentu, itu biasanya memiliki fitur bawaan yang memungkinkan perangkat dapat dijadwalkan untuk mati dan nyala. Misalnya seperti pada beberapa perangkat Oppo, Advan, Vivo dan lainnya.

Namun pada operating system terbaru yaitu Android 7.0 Nougat, itu sudah dapat melakukan fitur ini sejak dari bawaan osnya. Jadi jika smartphone Anda tidak mendukung fitur ini, silahkan Upgrade ke os Android Nougat melalui tautan berikut ini:

Apabila perangkat Anda sudah mendukung fitur ini atau Anda sudah menggunakan Android 7.0 Nougat keatas. Maka silahkan ikuti langkah dibawah ini:

  1. Arahkan ke “Setelan” atau “Settings” (Ikon Roda Gigi)
  2. Gulir layar kebawah sampai Anda menemukan pilihan bertuliskan “Schedule Power On/Off”’ atau “Pengatur Waktu Saklar Mesin”.
  3. Dalam menu pilihan ini, Anda cukup mengkatifkan tombol saklar untuk pilihan Daya Aktif/Power On atau Daya Mati/Power OFF.
  4. Kemudian sesuai jam yang Anda inginkan.
  5. Anda juga bisa menyetel untuk pilihan “Ulangi” atau “Repeat” untuk hari tertentu atau setiap hari.

Cara Membuat Android Aktif dan Nonaktif Otomatis Via Aplikasi Ketiga

Cara alternatif lainnya yang dapat Anda lakukan ketika smartphone atau tablet Android Anda tidak mendukung fitur ini adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda unduh melalui tautan Google Play Store berikut:

  • Power Schedule: https://woiden.com/go/TCxo7L
  • Power Schedule Basic: https://woiden.com/go/zoIWqx
  • Smart Screen On/Off Auto: https://woiden.com/go/fgzqF8

Mengingat bahwa memperbaharui atau mengupgrade os ke Android nougat itu bukanlah perkara yang mudah. Maka cara ini adalah yang paling tepat jika Anda tepat kukuh untuk ingin membuat perangkat Anda dapat Power ON dan OFF secara otomatis.

Selebihnnya jika ada sesuatu hal yang kurang dimengerti dalam penerapan artikel ini. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.