Cara Memainkan Lagu Secara Bersamaan di HP Android dan iPhone

Diposting pada

Smartphone tidak hanya memiliki fungsi sebagai alat komunikasi, melainkan seiring perkembangan inovasi smartphone. Berbagai smartphone kini dikembangankan dengan segudang fitur entertain atau hiburan. Termasuk salah satunya fitur untuk memainkan atau memutar musik.

Sebagian besar pengguna smartphone bahkan pernah atau sering memainkan musik di perangkat mereka. Terlebih dengan hadirnya berbagai fitur streaming lagu seperti Joox dan Spotify membuat smartphone lebih eksis digunakan untuk memainkan sebuah lagu.

Aplikasi pemutar audio berbasis streaming memang cukup popular dan cukup untuk memenuhi keinginan para kaula muda yang senang akan irama musik sebagai hiburan mereka. Sayangnya berbagai aplikasi seringkali memberikan batasan penggunaan dengan membataskan pengguna gratis dan berbayar. Sehingga tidak sedikit dari fitur menarik dipangkas atau tidak tersedia untuk perangkat gratis.

Berbagai fitur yang dipangkas juga biasanya fitur-fitur yang benar-benar menarik, misalnya seperti fitur equalizer, boost audio, atau kualitas audio yang direndahkan. Dengan keterbatasan fitur inilah yang biasanya membuat audio yang dihasilkan jauh lebih meredup atau suara yang dihasilkan kecil atau bahkan tidak memuaskan.

Salah satu alternative yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini, diantaranya dengan membayar biaya langganan untuk aplikasi tersebut, menggunakan alat pengeras suara, ataupun dengan menggunakan aplikasi gratis yang memungkinkan Anda mendapatkan kualitas audio yang baik, misalnya seperti aplikasi AmpMe.

Dari jutaan aplikasi audio diluar sana, salah satu aplikasi yang menawarkan fitur unik adalah aplikasi AmpMe ini. Aplikasi ini menawarkan fitur dimana Anda dapat memainkan music lebih dari satu perangkat bersamaan, selayaknya menggunakan konsol audio.

Mungkin tidak begitu jelas apa fungsi dari aplikasi tersebut, namun secara sistematis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk sedikitnya memperbesar suara yang dihasilkan di smartphone Anda. Sehingga ini berguna apabila smartphone Anda mungkin tidak dapat mengeluarkan besaran audio yang Anda harapkan. Hebatnya lagi aplikasi ini bisa terintegrasi ke layanan aplikasi streaming seperti Youtube, Spotify, ataupun memutar beberapa lagu yang tersimpan di smartphone Anda.

BACA JUGA  Cara Mengubah Font dan Ukuran Text di Android 7.0 Nougat

Cara Menggunakan AmpMe Untuk Putar Lagu Secara Bersamaan

Langkah pertama yang sudah seharusnya Anda lakukan adalah dengan mengunduh dan install aplikasi yang dibutuhkan. Aplikasi AmpME tersedia untuk smartphone Android dan iOS, maka cukup install melalui tautan dibawah ini:

Android: https://woiden.com/go/8TgM1A
iOS: https://woiden.com/go/Hw4TG1

Setelah Anda menginstall aplikasinya, kemudian jalankan aplikasinya. Anda mungkin perlu masuk sebagai pengguna, caranya Anda bisa login menggunakan akun facebook atau akun google Anda. Setelah masuk Anda akan dihadapkan dilayar utama siara langsung dan daftar pertemanan akun Anda.

Pada menu “Play some music” dibagian bawan kanan layar, Anda akan melihat tiga ikon menu yakni, ikon Youtube, Spotify, dan folder musik. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga ikon menu ini untuk mulai memainkan music yang Anda ingikan. Anda bisa memainkan lagu dari youtube, spotify atau music yang tersimpan di smartphone Anda.

Setelah music tengah dimainkan, ketuk tombol “Add Friends” di pojok kanan bawah layar smartphone Anda untuk mulai menambahkan perangkat teman Anda. Anda bisa menambahkan teman melalui tautan/link yang disediakan.

Nah link inilah yang dapat Anda bagikan melalui whatsapp, line atau aplikasi pesan lainnya di smartphone Anda. Ketika teman Anda mengetuk link tersebut dan telah menginstall aplikasi AmpME. Maka smartphone mereka akan memainkan lagu yang Anda tengah mainkan dengan tempo dan durasi yang sama di smartphone Anda.

Disaat yang sama atau diruangan sama, smartphone Anda dan teman Anda akan terdengar memainkan music dengan tempo yang sama. Sehingga ini akan membuat lagu yang dimainkan jauh lebih besar. Anda juga bisa menambahkan lebih dari 2 teman atau smartphone sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih keren lagi.