Cara Melihat Spesifikasi Komputer PC Windows Sendiri

Diposting pada

Apabila Anda adalah seorang yang haus akan melakuakn tweaks di komputer atau mungkin Anda penggemar Game PC. Maka Anda mungkin perlu mengetahui spesifikasi komputer Anda. Itu karena beberapa tweaks atau Game itu memerlukan spesifikasi minimum untuk dapat digunakan dengan baik.

Terlebih jika Anda ingin meningkatkan kapasitas atau upgrade komputer Anda menjadi spek yang lebih tinggi, itu tentu tentu Anda harus tau spek awal dari komputer Anda sebelumnya. Spesifikasi itu meliputi informasi processor apa, berapa kapasitas ram, system operasi yang digunakan, jenis cpu dan beberapa informasi lainnya.

Selebihnya jika Anda ingin tahu spesifikasi komputer pc Anda, terkhusus untuk pengguna Windows. Silahkan menyimak penerapan dibawah ini:

Cara Mencari Informasi Spek Komputer

Ada 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat melihat seluruh informasi spesifikasi komputer Anda yang meliputi RAM, Processor, OS, Jenis CPU, VGA dan sebegainya. Dua cara diantaranya bahkan Anda dapat menemukan informasi langsung dari jendela program di Windows Anda.

My Computer

Cara termudah pertama yang dapat Anda lakukan untuk melihat sekilas secara ringkas mengenai spek perangkat Anda adalah dengan melihat melalui properties computer Anda.

Anda cukup mengalihkan ke tampilan desktop komputer Windows Anda, kemudian pada ikon “Computer” atau “My Computer”, klik kanan dan pilih “Properties”.

Anda juga mengakses My Computer dari jendela windows explorer atau dengan mengetikkan arahan folder dibawah ke kolom windows explorer:

  • Control Panel\System and Security\System

Dxdiag.exe

Kedua adalah menggunakan jendela Dxdiag yang umum tersedia sebagai informasi bawaan program windows. Pada jendela ini Anda setidaknya melihat informasi spesifikasi komputer Anda lebih rinci lagi.

Untuk mengaksesnya, Anda cukup mengetikkan “Dxdiag” pada kolom penelusuran start windows menu. Kemudian memilih daftar yang paling atas bertuliskan “Dxdiag.exe”.

BACA JUGA  Cara Menggunakan PPTP VPN

Jika komputer windows Anda secara kebetulan telah teruninstall program ini atau pc Anda benar-benar tidak memiliki program bawaan ini, silahkan mengunduhnya melalui tautan dibawah ini:

  • http://originaldll.com/download/32875.exe

Aplikasi Ketiga

Jika Anda benar-benar bersedia untuk mengunduh dan menggunakan aplikasiatau program yang dimiliki oleh perseorangan atau pihak ketiga diluar dari yang disediakan oleh windows sendiri. Maka Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia dibawah ini:

  • http://www.belarc.com/free_download.html
  • http://support.microsoft.com/kb/308549
  • http://www.nirsoft.net/utils/product_cd_key_viewer.html
  • http://www.lookinmypc.com/
  • http://www.piriform.com/speccy

Anda cukup memilih salah satu yang menurut Anda mewakili informasi spek apa yang ingin Anda ketahui. Namun secara keseluruhan, seluruh daftar diatas memiliki fungsi yang sama yaitu menampilkan spesifikasi komputer pc Anda.

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan, selebihnya jika ada yang ingin disampaikan atau ingin ditanyakan mengenai topic pembahasan artikel ini atau diluar ini. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah ini.