Sebagai perangkat portable yang mudah untuk dibawa kemanapun berada, laptop memiliki segala perangkat keras bawaan yang menyatu dengan semua perangkat desktop. Termasuk Keyboard, mouse/touchpad, lcd, sumber daya/baterai, dan tentu logicboard.

Semua komponen perangkat ini memiliki desain yang dinamis dan simple untuk mudah dibawa. Hanya saja semua komponen perangkat ini menyatu dengan kokoh satu sama lain. Hal ini memang bertujuan agar durability dari perangkat jauh lebih tahan lama dalam penggunaannya.

Namun kekurangan dari keseluruhan perangkat ini adalah sulitnya untuk mengganti komponen atau part-part tertentu saja ketika mengalami kerusakan. Sebut saja seperti baterai. Pada laptop-laptop lawas dahulu sebuah baterai masih termasuk bagian eksternal yang mudah di lepas pasang pada perangkat laptop. Seiring perkembang desain yang semakin futuristik serta efisiensi ukuran, beberapa laptop terbaru-pun mulai dirilis dengan baterai tanam yang kini tidak dapat dilepas pasang begitu saja.

Memang tujuan utamanya jelas, yakni untuk menghemat ruangan. Contoh kecil itu adalah untuk baterai saja. Bagaimana dengan komponen vital lainnya seperti lcd atau keyboard. Keyboard sendiri merupakan perangkat vital lainnya yang dimiliki sebuah perangkat desktop. Tanpa menggunakan keyboard sebuah perangkat desktop tidak dapat mengetikan sebuah kata-kata ataupun menjalankan fungsi khusus pada perangkat desktop tersebut.

Jika pada perangkat PC memiliki keyboard yang tersedia secara terpisah dengan kata lain bahwa kedua perangkat antara keyboard dan mainboard/cpu dihubungkan dengan kabel atau wireless. Lain halnya pada laptop, keyboard pada laptop dihubungkan hanya menggunakan pintasan kabel fleksibel konektor yang cukup rentan mengalami kerusakan jika tidak susun dengan baik.

Ketika salah satu fungsional dari keyboard bermasalah, maka akan rumit untuk memperbaikinya. Bahkan tanpa seseorang yang ahli dapat memperburuk kerusakan. Meskipun memang laptop didesain dengan sekokoh mungkin, tidak ada jaminan kerusakaan pada keyboard tidak akan terjadi. Tetap kerusakan pada semua komponen laptop bsia saja terjadi.

Lalu bagaimana jika laptop keyboard mengalami kerusakan?

Rusak pada komponen tertentu merupakan hal yang wajar pada sebuah alat elektronik. Hanya saja wajar jika tidak sesering mungkin terjadi. Begitu pula pada keyboard laptop. Sebagai komponen pendukung laptop, keyboard bisa saja rusak hanya pada bagian tertentu saja.

Tidak harus semua komponen rusak, keyboard bisa saja mengalami kerusakan tertentu. Hal ini mungkin terjadi karena adanya beberapa faktor sederhana selama pemakaian. Maka, jika laptop Anda mengalami hal tersebut cobalah atasi dengan beberapa penjelasan artikel berikut ini:

Cara Memperbaiki Keyboard Yang Tidak Berfungsi

Mungkin tidak ringkas untuk mencari penyebab dan mengatasi kerusakan tersebut. Maka cobalah beberapa langkah yang dijelaskan dalam artikel diatas. Namun, jika semua langkah tersebut tidak dapat berjalan semestinya. Maka cara paling ampuh yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti komponen keyboard untuk mengatasi masalah tersebut.

Tidak perlu menjadi teknisi handal untuk dapat mengganti keyboard laptop secara mandiri. Yang Anda butuhkan adalah perangkat pegganti yakni keyboard baru, rujukan, alat pendukung, serta kemauan. Lebih jelasnya bisa Anda simak pada langkah dibawah ini.

Langkah 1: Mencari Keyboard Laptop Baru

Seri Laptop - Woiden

Tentu jika Anda ingin mengganti keyboard laptop Anda yang rusak, maka Anda harus memiliki perangkat penggantinya terlebih dahulu. Anda bsia membelinya di toko komputer di kota Anda. Namun, jika Anda ingin harga yang lebih murah, Anda bisa membeli melalui online shop atau ecommerce.

Anda cukup mencari keyboard yang sesuai dengan tipe dan seri laptop Anda. Untuk mengetahui tipe perangkat Anda, lihat pada bagian bawah laptop Anda. Biasanya pada bagian dibawah laptop tertera detail mengenai perangkat laptop yang kita miliki.

Langkah 2: Pahami Cara Membuka Case Laptop

Housing Laptop - Woiden

Setiap laptop memiliki hardcase atau housing yang berbeda-beda. Maka tentu Anda harus pula mengetahui bagaimana cara membuka case dari perangkat Anda. Dimana letak baut-baut dari laptop serta socket-socket yang harus dilepaskan.

Untuk infomasi mengenai ini, Anda bisa melihat dari beberapa daftar referensi perbaikan laptop. Misalnya dari forum konsumen acer, asus, dan sebagainya. Namun yang paling umum dan mudah Anda pahami, bisa melalui video di youtube.

Langkah 3: Mulai Mengganti Keyboard Laptop

Ganti Keyboard Laptop - Woiden

Setelah Anda benar-benar yakin dengan langkah demi langkah, maka Anda bisa memulai untuk mengganti keyboard perangkat Anda. Sebaikmungkin jangan memaksakan bagian-bagian klip case yang sulit untuk dibuka.

Sebab memaksakan case untuk terbuka, bisa saja membuat klik atau dudukan casing laptop menjadi patah. Maka jika ada beberapa yang cukup sulit dibuka. Coba untuk melihat kembali referensi Anda. Jika memang benar-benat sulit atau Anda merasa tidak yakin untuk melakukannya. Maka cara terakhir yang bisa Anda manfaatkan adalah tenaga yang ahli.