Cara Melacak Lokasi Orang Lain Melalui iPhone

Diposting pada

Apple merancang Find My Friends pada tahun 2012 sebagai sarana untuk terhubung lebih baik dengan teman dan keluarga. Fitur ini sangat berguna untuk situasi saat Anda perlu mengawasi di tempat yang cukup luas atau untuk memata-matai saat teman Anda.

Anda bahkan dapat berbagi lokasi dengan orang lain sehingga mereka dapat melacak keberadaan Anda saat Anda berada disuatu tempat.

Fitur ini dasarnya sangat berguna utuk keperluan positif. Namun Anda memerlukan persetujuan dari kedua belah pihak sebelum berbagi lokasi, tapi bagaimana jika saya mengaktifkan Find My Friends di iPhone orang lain, lalu membagikan lokasinya ke iPhone tanpa mereka sadari?

Tenang saja. Sebab penerapannyan cukup mudah, bahkan untuk mematai-matai teman Anda. Orang yang Anda lacak tidak akan pernah menerima pemberitahuan atau peringatan apapun. Bahkan jika orang lain memutuskan untuk membuka Find My Friends.

Sebab kebanyakan orang membiarkan aplikasi ini untuk di tempatkan dalam folder yang jarang mereka buka.

Setelah disiapkan, Anda dapat memantau setiap gerakan orang yang sedang Anda pantau. Tidak hanya itu, tapi Anda bahkan bisa mengatur pengingat saat mereka pergi atau tiba di lokasi tertentu, jika Anda ingin mengganggu.

Tanpa basa basi lagi berikut adalah penerapannya:

Sebelum Anda memulai penerapannya, perlu Anda ketahui bahwa apabila orang yang ingin Anda lacak menjalankan iOS 8, Anda harus mendownload aplikasi Find My Friends dari iOS App Store di handphone mereka dan juga milik Anda. Pada iOS 9 , fitur ini sudah tersedia dari bawaan.

Langkah 1: Aktifkan “Share My Location” di iPhone mereka

Mulailah dengan membuka aplikasi Find My Friends di iPhone mereka, lalu ketuk gambar kontak mereka di bagian bawah untuk mengaktifkan “Share My Location” dari pengaturan.

BACA JUGA  Cara Membuat Teleprompter di Kamera HP Android dan iPhone

Pastikan juga lokasi dibagikan dari “This Device” (di bawah setelan “Share My Location From:”), karena mungkin ada perangkat lain (seperti iPad) yang terpasang pada akun iCloud yang sama.

Langkah 2: Berbagi Lokasi mereka ke iPhone Anda

Pada iPhone Anda, gesek ke atas dari bagian bawah layar untuk mengaktifkan AirDrop dari Control Center. Jadikan diri Anda dapat ditemukan ke “Everyone”, walaupun opsi “Contact Only” akan cukup asalkan iPhone mereka menyimpan informasi kontak Anda ke dalamnya.

Kembali ke iPhone mereka, ketuk “Add” (di Find My Friends) dan tekan ikon kontak Anda saat muncul. Pilih “Share Indefinitely” untuk membagikan lokasinya ke iPhone Anda untuk waktu yang tidak terbatas.

Langkah 3: Terima Lokasi Mereka, Tapi Jangan Bagikan Lokasi Anda.

Setelah lokasi mereka dibagikan ke perangkat Anda, tekan “Accept.” Setelah beberapa detik, sebuah popup akan muncul menanyakan apakah Anda ingin berbagi lokasi dengan mereka. Ketuk pada “Don’t Share” sehingga mereka tidak dapat melacak lokasi Anda .

Langkah 4: Melacak Lokasi mereka

Di aplikasi Find My Friends, cukup klik ikon kontak mereka untuk melihat lokasi sebenarnya secara realtime. Anda juga akan melihat pilihan untuk diberitahu jika mereka pergi atau tiba di lokasi tertentu. Sehingga Anda dapat mengingatkan diri sendiri saat seseorang meninggalkan rumah atau pekerjaan mereka.

Untungnya, kebanyakan orang tidak akan masuk ke aplikasi Find My Friends mereka. Bahkan jika mereka melakukannya, mereka harus secara aktif melihat siapa yang mereka bagikan lokasinya.

Tapi, ada beberapa cara untuk menyembunyikan aplikasi sehingga mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka memilikinya.

Sementara saya pribadi tidak memaafkan siapapun melacak lokasi seseorang tanpa persetujuan. Sebab etika adalah no 1 yang harus di junjung untung menjalin hubungan yang baik.