Salah satu entertainment paling menarik dari sebuah kendaraan roda 4 adalah ketersediaan head unit yang memungkinkan pengendaranya dapat memainkan musik, radio, maupun memutar tv dan video.

Tentu dengan kehadiran head unit membuat sensai berkendara jauh lebih menyenangkan ditengah-tengah ruang lingkup jalanan yang mungkin membuat pengendara jenuh dengan kemacetannya. Memutar radio atau musik melalui file mp3 melalui usb, bluetooth, maupun aux memang salah satu hiburan paling populer dalam sebuah kendaran roda 4. Sembari menyetir, pengendara bisa sembari memainkan musik dengan bersenandung.

Nah salah satu fungsi entertainment yang pula tersedia umumnya adalah pemuataran video. Memainkan video sembari mengendara memang bukanlah ide yang baik, bahkan justru membahayakan bagi pengemudi. Namun jika Anda penumpang atau sederet orang yang berada di kursi penumpang ingin menyaksikan sebuah video. Tentu ini bisa sangat berguna. Terlebih untuk perjalanan dengan durasi yang cukup jauh.

Hampir semua kendaraan roda 4 dengan pabrikan terbaru kini hampir dilengkapi dengan head unit. Meskipun mungkin belum semua kendaraan yang dilengkapi dengan layar. Namun jika kendaraan Anda sudah mendukung layar untuk memutar video, maka tentu sesekali Anda harus mencobanya.

Beberapa head unit bawaan dari mobil biasanya sudah mendukung file dengan format mp4. Sehingga Anda hanya perlu menyakin file video Anda yang berformat tersebut ke flashdisk atau sd card maupun dvd/cd (jika didukung) kemudian menyimpannya ke slot head unit yang tersedia.

Sayangnya beberapa jenis perangkat tidak mendukung untuk pemutaran dengan format video mp4. Terkhusus untuk untuk head unit keluaran china dengan harga miring, umumnya beberapa format dan fungsi dipangkas sedemikuan rupa agar dapat digunakan oleh semua kalangan. Namun tentu itu bukanlah halangan, karena selama head unit itu masih dapat memainkan video degan format tertentu, maka Anda tentu juga bisa memainkan semua video yang Anda inginkan.

Hanya saja mungkin yang Anda perlukan adalah menyesuaikan format yang dapat dibaca oleh head unit tersebut. Beberapa headunit umumnya mendukung untuk format .AVI dan beberapa lainnya mendukung format .MPEG. Namun untuk memastikan Anda bisa lihat dari list spesifikasi box atau kardus head unit Anda. Biasanya tertera beberapa rincian informasi, termasuk format file yang didukung. Apabila Anda masih bingung, silahkan diskusikan dengan berkomentar dibawah tentang jenis dan tipe headunit Anda.

Cara Mengubah Format File Video Agar Dapat Diputar Di Head Unit Mobil

Setelah Anda mengetahui jenis format file video yang didukung. Anda sudah bisa mengunduh atau mengambil segala macam file video yang Anda ingin mainkan di perangkat Anda. Kemudian mengkonversikan ke format yang didukung.

Nah untuk merububah format video Anda, Anda bisa menggunakan software converter. Salah satunya yang woiden gunakan adalah software bernama Video To Video Converter. Software ini dapat digunakan secara portable dengan fitur yang lengkap. Bahkan secara bawaan output dari format software ini adalah .AVI sehingga kemungkinan Anda tidak akan kerepotan mengatur. Yang Anda perlukan hanyalah mengunduh software ini dalam versi portable saja untuk keperluan sederhana melalui tautan berikut ini:

  • https://woiden.com/go/HQ6iq2

Setelah itu jalankan programnya, kemudian ketuk  tombol “Add” dari pojok kiri atas layar komputer Anda. Anda juga bisa drag beberapa file jendela file explorer windows ke jendela program tersebut untuk menambahkan beberapa sekaligus.

Sebuah popup akan muncul otomatis untuk memilih format output yang diiginkan. Pilih .AVI untuk umumnya headunit atau format lainnya yang didukung. Anda juga memilih framerate dan beberapa lainnya dadi jendela toolbar sebelah kanan layar.

Kemudian pilih folder output yang diinginkan dalam folder mana file hasil konversi ingin Anda simpan. Setelah memilih semua penyesuaian yang dibutuhkan, ketuk tombol “Convert” untuk mulai mengkonversi file video tersebut. Setiap file memiliki durasi proses yang berbeda-beda tergantung dari kualitas yang dipilih. Setelah selesai 100%, silahkn Anda pindahkan file video hasil konversi ke media penyimpanan yang didukung perangkat Anda. Termasuk SD Card/Kartu Memory, USB Drive/Flashdisk, maupun CD/Dvd.