Go-Pay merupakan layanan pembayaran yang diusung oleh perusahaan teknologi ternama asal Indonesia yang bergerak dalam bidang angkutan jasa transportasi. Dahulu Go-pay disebut dengan Go Wallet yang hingga akhirnya ditetapkan sebutan Go-Pay hingga saat ini.

Umumnya Go-Pay digunakan untuk melakukan pembayaran dari layanan-layanan yang disediakan dalam aplikasi gojek misalnya untuk pembayaran sarana transportasi yang dipesan melalui aplikasi tersebut. Untuk memungkinkan dapat digunakan, penggunanya perlu memiliki sisa saldo yang cukup dalam akun gopay mereka. Saldo inilah yang digunakan untuk melakukan pembayaran.

Seperti yang kita ketahui bahwa GoPay tidak hanya dapat digunakan untuk membayaran pesanan ojek online maupun transportasi yang tergabung didalamnya. Gopay kini juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran yang umumnya dibutuhkan, misalnya untuk membeli Pulsa, membeli atau Topup Voucher Game, Belanjaan, Obat-obatan, Tiket, dan banyak lagi.

Tentu ini tidak membuat pengguna merasa ketergantungan akan penggunaan jasa transportasi gojek saja. Melihat saldo tersebut bisa pula digunakan untuk keperluan lainya yang mungkin bisa saja dibutuhkan suatu saat atau secara rutin.

Diluar itu, seiring besarnya peminat penggunaan gopay, Gojek turut pula mengembangkan layanan mereka menjadi lebih baik dan meluas secara bertahap dan hingga akhirnya saat ini dimana pengisian saldo hampir dapat dilakukan melalui sebagian besar Bank di Indonesia dan beberapa ecommerce ternama.

Bahkan setiap pengguna aplikasi gojek kini dapat saling mengirim atau transfer saldo gopay mereka satu sama lainnya dengan mudah. Sehingga memungkinkan untuk Anda saling berbagai dengan siapapun dengan kehadiran layanan tersebut. Untuk dapat mengirimkan saldo gopay ke pengguna aplikasi lainnya, Anda tidak perlu ribet.

Ada dua hal yang perlu Anda penuhi sebelum dapat mengirim saldo gopay diantaranya: telah memverifikasi nomor telepon ditautkan dalam aplikasi gojek dan telah memverifikasi identitas dengan mengirimkan foto data diri seperti SIM, KTP, atau Passport beserta foto diri caranya sangat mudah seperti langkah berikut:

Cara Verifikasi Identitas Diri Go-Pay

Untuk dapat melakukan transaksi gopay kesesama pengguna aplikasi, Anda harus melakukan verifikasi identitas diri berupa ktp, sim atau passport yang Anda miliki. Anda hanya perlu mengunggah foto dokumen tersebut langsung dari dalam aplikasi. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi Gojek
  2. Ketuk Ikon “More”, tepatnya dibawah nominal saldo gopay Anda.
  3. Ketuk ikon “Settings.
  4. Pilih menu “Upgrade GO-PAY”.
  5. Ketuk tombol “Take a KTP/SIM Photo” untuk mulai membidik identitas Anda.
  6. Jendela kamera foto akan bawaan aplikasi akan terbuka, silahkan Anda foto identitas Anda seperti yang dicontohkan pada laman sebelumnya diatas.

Apabila verifikasi Anda telah berhasil, Anda akan melihat notice yang berbeda tepatnya disamping “Upgrade GO-PAY” yang bertuliskan Completed Now. Setelah berhasil, Anda sudah bisa melakukan transfer saldo ke akun gojek manapun melalui nomor telepon yang ditautkan oleh pengguna tersebut.

Cara Transfer Saldo Go-Pay Dengan Mudah

Setelah Anda melakukan verifikasi identitas Anda seperti pada langkah sebelumnya. Maka Anda dapat langsung mengirimkan saldo Anda ke nomor tautan gojek dengan nominal tidak lebih dari sisa saldo Anda saat itu. Untuk mulai mengirimkan saldo gopay, Anda bisa ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Gojek di smartphone Anda.
  2. Ketuk “Pay” tepatnya dibawah logo Gopay di tab utama aplikasi gojek.

Jendela Scanner Barcode Anda akan muncul serta kolom untuk memasukan nomor telepon akun yang dituju. Anda bisa melakukan pembayaran dengan melakukan scanning barcode seperti yang biasanya diperlukan untuk pembayaran di outlet, toko, atau restoran yang menerima pembayaran gopay.

Namun jika dalam kasus ini Anda hanya ingin mengirimkan saldo gopay ke perorangan, teman, atau kerabat Anda. Maka Anda cukup mengetikan nomor telepon yang digunakan teman/kerabat Anda dalam akun gojek mereka.

Anda juga bisa memberikan izin akses ke kontak telepon Anda agar memungkinkan gojek melihat daftar kontak yang mungkin dapat lebih memudahkan Anda untuk mengirimkan saldo gopay Anda. Pada halaman selanjutnya Anda dapat memasukan jumlah atau nominal yang ingin Anda transfer.

Setelah yakin dengan nominal yang diinginkan, ketuk tombol “Confirm”. Kemudian dilaman selanjutnya, Anda bisa menambahkan Note atau catatan yang bisa Anda sertakan, misalnya menyertakan stiker ucapan terima kasih dan sebagainya.

Ketuk tombol “Pay” dibawah jendela aplikasi untuk mulai mengirimkan saldo. Setelah berhasil, Anda akan melihat popup berhasil atau Anda bisa melihat dari jendela Riwayat atau History Gopay aplikasi Anda.