Apabila Anda sering mengirim sebuah foto melalui aplikasi whatsapp, Anda mungkin menyadari bahwa kualitas foto yang biasanya Anda kirim ke kontak teman Anda akan mereka terima dengan resolusi dan kualitas yang telah dikompres atau reduce. Sehingga kualitas foto yang diterima biasanya akan mengurang, terlihat dari ukuran file secara tampilan foto yang diterima.

Meskipun mungkin penurunan kualitas dari gambar tidak begitu penting untuk sebagian besar orang. Sebab penggunaan whatsapp yang mungkin sudah sangat mudah dan efisien untuk digunakan saling berbagai gambar atau media lainnya.

Namun untuk mereka yang benar-benar ingin mendapatkan kualitas gambar yang asli. Mereka mungkin akan menggunakana alternative yang lainnya, misalnya melalui email, Bluetooth, aplikasi berbagai seperti shareit, airdrop dan lainnya.

Untungnya, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengakali agar whatsapp dapat mengirimkan gambar atau foto dengan kualitas yang original atau asli dari hasil gallery smartphone si pengirim. Penjelasan rincinya sebagai berikut:

Cara Mengirim Gambar Dengan Resolusi Penuh Melalui WhatsApp

Seperti yang dijelaskan diatas, Anda tidak bisa mengirimkan gambar dengan resolusi penuh atau kualitas asli melalui whatsapp tanpa mengakalinya. Maka cara yang tepat untuk mengakalinya adalah dengan menerapkan salah satu dari beberapa metode yang memungkinkan Anda melakukannya.

Metode pertama adalah dengan menggunakan aplikasi modifikasi. Beberapa aplikasi modifikasi telah dijelaskan pada artikel woiden lainnya. Misalnya dengan menggunakan aplikasi WhatsApp++, GBWhatsapp dan sebagainya. Beberapa artikel yang membahas tentang aplikasi whatsapp mod, bisa Anda baca salah satu dari artikel woiden berikut:

Selain dari cara diatas, Anda juga bisa mengakalinya dengan mengubah format dari gambar yang akan dikirim. Misalnya dengan mengubah format gambar atau foto yang akan dikirim menjadi format dokumen doc. atau .csv.

Anda bisa mencoba mengganti format gambar/foto melalui bantuan aplikasi pihak ketiga seperti ES File Explorer atau Root Explorer. Salah satu dari aplikasi ini bisa Anda install melalui Google Play Store di hp Android atau di Apple App Store.

Cara mengubahnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengubah tiga kode format diakhiran nama file. Misalnya file gambar Anda bernama fotokenangan.jpg. Maka silahkan Anda ubah menjadi fotokenangan.doc. Dengan kata lain bahwa format foto tersebut anda manipulasi menjadi seolah-olah adalah file dokumen.

Anda bisa mengubah dengan format lainnya yang diperbolehkan aplikasi whatsapp untuk dibagikan. Selebihnya, Anda bisa mengirimkan file document tersebut di kontak teman Anda. Selanjutnya, Anda bisa memberitahukan mereka untuk segera mengganti format file seperti sediakala agar mereka dapat melihatnya.

Apabila Anda merasa repot untuk mengganti ekstensi atau format file, maka Anda juga bisa memasukan file gambar tersebut kedalam satu file berkas zip atau rar. Selayaknya program winzip/winrar pada perangkat pc, Anda hanya perlu menambahkan file tersebut kedalam file folder berkas tersebut menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung. Misalnya dengan menggunakan aplikasi WinZip yang juga tersedia di Google Play Store.