Cara Kirim FAX (Faksimile) Lewat Internet Gratis

Diposting pada

Faksimile atau biasanya kita kenal dengan Faks atau Fax merupakan salah satu perangkat komunikasi dokumen yang digunakan untuk mengirimkan sebuah catatan atau format dokumen menggunakan mesin fax. Setiap mesin fax umumnya memiliki nomor panggilan tersendiri selayaknya nomor telepon yang dapat dihubungi dengan cara sending dan confirmation. Ribetnya mesin ini mengharuskan penerima untuk melakukan konfirmasi untuk menerima dokumen yang dikirim dari beberapa perangkat lain, namun beberapa mesin fax sudah mendukung untuk konfirmasi otomatis.

Jika Anda pernah hendak mengirim fax di konter, Anda pasti tahu bahwa mengirimkan satu dokumen faksimile tarifnya lebih mahal ketimbang melakukan panggilan telepon yang dimana sekali pengiriman dikenakan tarif dari 2500 hingga 15 ribu perlembar dokumen yang dikirim. Ini juga karena tidak semua orang memiliki mesin fax yang notabene hanya dimiliki oleh sebuah kantor.

Nah untungya ada cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengirim dokumen fax melalui internet dengan memanfaatkan layanan situs internet secara gratis. Lebih detailnya dijelaskan dibawah ini:

Cara Mengirim Faksimile Melalui Internet Secara Gratis

Sebelum Anda menerapkan langkah dibawah, Anda harus menyiapkan dokumen yang ingin Anda kirim. Dokumen yang didukung hanya file dokumen yang berformat PDF dan DOC. Jadi jika Anda memiliki file diluar format itu, Anda bisa terlebih dahulu mengkonversi atau mengubah format dokumen Anda ke format PDF. dan DOC

Untuk melakukan konversi, Anda bisa menggunakan situs converter di internet atau menggunakan aplikasi converter seperti dibawah ini:

  • https://smallpdf.com/pdf-converter
  • http://topdf.com
  • https://woiden.com/go/VtKYDS

Setelah Anda memiliki file dengan format PDF atau DOC. Anda selanjut sudah bisa mengirim faksimile. Disini Anda memanfaatkan situs layanan dari myfax.com. Situs ini memungkinkan Anda untuk kirim fax melalui layanan mereka dengan terlebih dahulu mengupload file dokumen yang ingin Anda kirim. Jadi cukup arahkan ke situs dibawah ini:

  • http://www.myfax.com

Anda harus melakukan registrasi akun untuk dapat menggunakan layanan dari situs ini. Untuk pengguna biasa, itu hanya diberikan batasan hingga 30 hari masa percobaan. Setelah itu, Anda harus membayar biaya berlangganan sekitar 130 ribu/perbulannya.

BACA JUGA  3 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online

Setelah Anda memiliki akun di layanan ini, Anda cukup masuk dan dilayar awal Anda akan melihat beberapa daftar fax yang telah Anda kirim dan Anda terima, selayaknya sebuah akun Email. Jika Anda ingin mulai kirim Fax, cukup mengetuk pilihan “Send Fax” dari menu sidebar sebelah kanan layar.

Kemudian, lengkapi nama serta nomor fax yang ingin Anda kirim. Pada menu pilihan selanjutnya, Anda bisa memilih file dari menu “Fax Message”. Anda juga bias memilih pesan yang ingin Anda cantumkan ke dalam faksimile yang ingin Anda kirim.

Setelah semua dirasa cukup, silahkan memilih tombol “Send” untuk mulai kirim Fax ke nomor tujuan Anda.

Dikarenakan akun gratisan atau batasan. Jadi Anda hanya bisa mengirimkan 2 fax maksimal dalam 24 jam atau satu hari. Jika Anda ingin mengirim lebih dari 2 sehari, maka Anda perlu membayar tagihan lebih untuk mendapatkan fungsi lebih.