OxygenOS merupakan operating system yang diciptakan khusus oleh perusahaan smartphone ternama, yakni OnePlus untuk digunakan secara ekslusif di smartphone buatan mereka. Sehingga pada dasarnya sistem operasi tersebut dirancang khusus melalui custom ROM.

Hampir serupa dengan OS eksklusif pada smartphone lainnya seperti ColorOS di Oppo, MiUI di Xiaomi, dan beberapa OS smartphone lainnya. OxygenOS juga operating system dengan custom rom dengan basis OS Android. Sehingga penggunaannya kurang lebih hampir sama dengan penggunaan smartphone Android pada umumnya.

Ada banyak hal yang ditawarkan dalam system operasi Oxygen. Beberapa diantara seperti fitur Reading Mode, Auto Night Mode, Secure Box pada File Manager, mode kekinian DND yang memungkinkan Anda untuk tidak terganggu dengan notifikasi yang muncul ketika sedang memainkan Game, dan masih banyak lagi.

Memang tidak banyak hal istimewa yang terdapat di Oxygen OS dibanding dengan custom rom dengan OS Android lainnya. Hanya saja setiap os memiliki tampilan yang berbeda-beda dan kesan eksklusif untuk masing-masing jenis dan merek smartphone. Nah jika Anda memiliki Smartphone diluar OnePlus dan ingin mencoba untuk mencicipi OxyenOS yang notabene ada di HP OnePlus. Maka Anda bisa ikuti langkah berikut:

Cara Menginstall OS Oxygen Di Semua Merek HP Android

Sebelum Anda menginstall OS Oxygen di Smartphone Android Anda. Wajib Anda pahami bahwa langkah ini mengharuskan Anda melakukan custom recovery yang dimana akan menghapus semua data di smartphone Anda, termasuk OS Android yang sedang Anda gunakan saat ini. Maka terlebih dahulu Anda perlu melakukan backup penuh untuk smartphone Anda.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan OS Oxygen di Smartphone Anda adalah dengan mengunduh file custom rom yang akan digunakan. File OS ini bisa Anda download melalui tautan dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/a3C2oN

Dalam tautan diatas, terdapat beberapa file yang harus Anda download dan pindahkan ke memory card/SD Card smartphone Anda. Semuanya memiliki kegunaan masing-masing sesuai penjelasan dibawah.

Mengingat bahwa Oxygen merupakan custom rom, maka selain smartphone Oneplus, Anda harus menggunakan aplikasi custom recovery untuk melakukan instalasi diluar merek smartphone tersebut. Salah satu aplikasi custom recovery yang bisa Anda gunakan adalah TWRP. Custom Recovery ini bisa Anda baca dan install terlebih  dulu melalui artikel woiden lainnya berikut ini:

  • https://woiden.com/cara-install-custom-recovery-cwm-dan-twrp-di-android/

Setelah menginstall TWRP di smartphone Anda dan telah memiliki file os yang dibutuhkan. Selanjutnya ikuti langkah persis dibawah ini:

  1. Pindahkan file OS Oxygen 7z yang sudah Anda download sebelumnya ke Kartu Memory/SD Card Smartphone Anda.
  2. Ekstrak File OS tersebut ke foler backup TWRP berikut: /…/TWRP/BACKUPS/$(yourserialnumber
  3. Booting smartphone Anda ke Mode Custom Recovery TWRP seperti yang dijelaskan pada artile woiden lainnya diatas.
  4. Arahkan ke menu Wipe, kemudian centang semua pilihan System, Data, Delvik Cache, dan Cache.
  5. Flash salah satu Treble Enabler di smartphone Anda atau Anda bisa gunakan Treble Rom seperti Mokee (https://woiden.com/go/NCOq6F).
  6. Kemudian Restore/Pulihkan Oxygen OS 7z.
  7. Kemudian Flash file Oxygen OS Partchv1.zip yang telah Anda simpan di memory card Anda sebelumnya.
  8. Wipe Data, Flash FPE Disabler dan lainnya jika Anda butuhkan.
  9. Reboot Smartphone Anda.
  10. Selesai

Setelah smartphone Anda hidup kembali, Anda akan mendapatkan nuansa yang baru selayaknya pada ponsel flagship OnePlus. Anda bisa mencoba beberapa fitur yang serupa di smartphone Oneplus sesuka hati Anda.